padangtime
facebook instagram twitter google plus
Nasional

Jadi, Sebenarnya Apa Fungsi Gula pada Susu Kental Manis?

Senin, 09 Juli 2018 - 19:48:10 WIB - 25


Padang TIME.com-Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan bahwa susu kental manis (SKM) tetap dikategorikan susu meski kandungan susu di dalamnya hanya sedikit. Ada lebih banyak kandungan gula di dalamnya.

Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru, Tetty Helfery Sihombing menjelaskan fungsi gula di dalam susu kental manis.

"Gulanya dimasukan ke dalam SKM ditunjukkan untuk pengawetan," ujarnya saat ditemui di Aula Gedung C BPOM, Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018).

 
Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk selalu membaca tabel nutrisi yang tertera di kemasan produk makanan atau minuman. Produk pangan yang baik, kandungan gula, garam, dan lemaknya tidak melebihi standar.

Batasan konsumsi gula, garam, dan lemak yang disarankan Kementerian Kesehatan per orang per hari adalah gula tidak lebih dari 50 g (4 sendok makan), garam tidak melebihi 2000 mg natrium/sodium atau 5 g (1 sendok teh), dan untuk lemak hanya 67 g (5 sendok makan minyak).

Kepala BPOM, Penny Lukito pun menyarankan masyarakat untuk tidak mengonsumsi SKM secara rutin dan menjadikannya bahan makanan utama.

"SKM bukan bagian dari susu yang mengandung nutrisi dan bukan untuk pemenuhan nutrisi. SKM bukan pengganti susu untuk pemenuhan nutrisi, bukan pengganti ASI untuk bayi di bawah 12 bulan," tegasnya.






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE