padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Kepulauan Mentawai

Pemkab Mentawai Tunggu Dana Untuk Revitalisasi Pasar Tuapejat,

Jumat, 06 Juli 2018 - 19:47:22 WIB - 65



Padang TIME .com- Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Mentawai, Elisa Siriparang, mengatakan, pasar di KM 7 Tuapejat yang berdiri sejak tahun 2013 itu keadaannya memang cukup memprihatinkan, bahkan belum dapat difungsikan secara baik.Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai dalam mengaktifkan kembali keberadaan pasar ibu di KM 7 Tuapejat Sipora Utara sebagai pusat perbelanjaan tradisional terus dilakukan.

Sebenarnya ada 30 kios lebih, tapi banyak dari kios itu disalahfungsikan sebagai tempat tinggal, maka kita akan segera lakukan revitalisasi, " kata Elisa Siriparang, di Tuapejat, Selasa (3/7).

Melalui Kementrian Perdagangan RI, kata Elisa, telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 6 milyar sebagai biaya revitalisasi pasar ibu yang selama ini tidak difungsikan oleh pedagang di Tuapejat itu. Namun revitalisasi masih terkendala dengan belum turunnya Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dari Kementerian Perdagangan. 

"Kita ajukan 7 milyar tapi hanya disetujui 6 milyar untuk revitalisasi. Sementara itu kita masih menunggu DIPA di Kementrian Perdagangan untuk proses revitalisasi, kalau syarat yang lain sudah tidak ada masalah, " ujar Elisa.

Menurut Elisa, tidak berfungsinya pasar ibu di KM 7 itu di karenakan banyak masyarakat menganggap lokasi pasar terlalu jauh dari keramaian, sementara masyarakat terbiasa melakukan transaksi jual beli di sekitar pelabuhan Tuapejat di KM 0 atau pada saat kapal dagang bersandar dan dibuka pasar kaget.

"Kendala terbesar dari pasar ini memang masalah jarak. Kita dulu juga mengusulkan untuk dibangun Kios seputar kawasan TPI, di KM 2 tapi oleh pemerintah pusat tidak ditanggapi, justru pemerintah menyetujui revitalisasi pasar ibu di KM 7 ini, " ujar Elisa

Elisa berharap, DIPA dari Kementrian Perdagangan dapat turun pada Juli 2018 ini, sehingga pengerjaan melalui proses lelang dapat dilakukan pada  masa yang akan datang.(02)






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE