padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kota Padang

Bimbel Fokus Bandung Cab.Padang Mensosialisasikan Sistem Penilaian SBMPTN 2018

Selasa, 08 Mei 2018 - 05:31:59 WIB - 321


PadangTIME.com - Pembahasan sistem penilaian dalam ujian SBMPTN 2018 dan simpang siurnya berita tentang penilaian tersebut telah menimbulkan keraguan dan keresahan di kalangan siswa/i calon peserta tes SBMPTN 2018.

Untuk menghilangkan keraguan dan keresahan tentang sistem penilaian SBMPTN 2018, Linda Oktavianti,SE,MM,MPdE selaku Direktur Bimbel Fokus Bandung Cab.Padang memberikan sosialisasi kepada siswa/i yang mengikuti Bimbel Persiapan menghadapi Tes SBMPTN 2018 di Bimbel Fokus Bandung Cab. Padang di jalan Pemuda no 45 dan jalan Gajah Mada no 41 Padang.

Sosiolisasi sistem penelitian ini disampaikan kepada siswa/i yang mengikuti bimbingan persiapan untuk Tes SBMPTN di Bimbel Fokus Bandung, berdasarkan informasi resmi dari Panitia Pusat SBMPTN 2018 dari Kementerian Riset,Teknologi,Dan Pendidikan Tinggi, bahwa pada SBMPTN 2018 ini tidak lagi menggunakan sistem minus seperti pada SBMPTN sebelumnya dimana setiap siswa yang menjawab soal yang salah bernilai minus satu (-1), tidak menjawab bernilai nol (0) dan jawaban benar bernilai plus empat (+4), penilaian tersebut untuk tahun ini tidak di gunakan lagi.

Pada SBMPTN 2018 ini metode penilaian untuk tes SBMPTN kali ini tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang dijawab dengan benar oleh peserta, tetapi juga memperhitungkan penilaian dari karakteristik setiap soal yang di jawab siswa dengan menggunakan pendekatan Teori Response Butir (Item Response Theory). Soal-soal dalam SBMPTN 2018 kali ini dibagi dalam tiga tingkatan kesulitan mulai dari mudah, sedang dan sulit. Setiap tingkatan memberikan bobot yang berbeda. Soal sulit memiliki bobot nilai tertinggi diikuti oleh kategori soal sedang dan soal mudah memperoleh bobot nilai terendah. Dengan sistem ini, siswa yang dapat menjawab soal dengan jumlah yang sama belum tentu mempunyai nilai akhir yang sama, dan siswa yang menjawab soal dengan salah tidak akan mendapat nilai minus atau tidak akan mengurangi nilai. Contohnya : Peserta A dapat menjawab dengan benar 5 soal yaitu soal no 1,5,7,11 dan 13, sedangkan peserta B juga dapat menjawab 5 soal dengan benar yaitu soal nomor 1,5,9,12 dan 15, kedua peserta tersebut akan mendapat skor akhir yang berbeda karena butir soal dengan karakteristik soal yang dijawab benar oleh peserta A memiliki tingkat kesulitan soal yang berbeda dengan butir soal yang dikerjakan benar oleh peserta B.

Tujuan sistem penilaian seperti ini adalah untuk dapat membedakan kemampuan peserta dan dengan adanya perbedaan karakteristik dalam soal-soal SBMPTN 2018 ini, tim penilai akan bisa mendeteksi siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Dengan perubahan sistem penilaian pada SBMPTN 2018 kali ini, Bimbel Fokus Bandung sudah mengantisipasi dan menerapkan sistem penilaian tesebut pada pelatihan menjawab soal Try Out SBMPTN 2018 yang diadakan beberapa kali kepada siswa/i Fokus Bandung dimana soalnya sudah mengandung kategori mudah, sedang dan sulit. Semoga dengan sosialisasi sistem penilian SBMPTN 2018 ini, dapat menghilangkan keraguan siswa/i tentang penilaian dalam menghadapi tes SBMPTN 2018 yang akan dilaksanakan pada 08 Mei 2018 mendatang.






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto