padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Kepulauan Mentawai

Persiapan Pemilu 2019. KPU Mentawai Lakukan Pendataan Pemilih

Kamis, 19 April 2018 - 14:52:18 WIB - 81


PadangTIME.com - Penyelenggara pemilu di Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai melakukan pendataan pemilih sebagai tahapan persiapan penyelenggaraan Pemilu 2019.
Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Siberut Tengah, Murtias Sageileppak mengatakan tahapan kegiatan yang dilakukan sejak Maret diantaranya sosialisasi pendataan pemilih dan dilanjutkan pendataan pemilih ke rumah-rumah secara serentak di Saibi Samukop,Cimpungan serta Saliguma.

"Pendataan pemilih sekarang sedang berjalan ke rumah-rumah oleh Pantarlih dan pendataan pemilih ini berlangsung selama sebulan yang berakhir 17 Mei mendatang," kata Murtias saat ditemui di Sekretariat PPK, Rabu, 18 April 2018.

Rekapitulasi data pemilih dilakukan berjenjang. Sebulan melakukan pendataan pemilih, hasilnya direkap di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) tiap desa yang kemudian seluruh data masuk di tingkat kecamatan dan direkap kembali selesai dan dikirimkan ke KPUD. "Data Pemilih itu dikirim lagi ke KPU Mentawai menjadi DPS (Daftar Pemilih Sementara) dan datanya diumumkan (ditempel) agar warga melihat namanya apakah sudah terdaftar atau belum," ujarnya.

Apabila ada warga belum terdaftar, dapat dimasukan kembali ke data pemilih dan diverifikasi bersama dan dikirim kembali ke KPU Mentawai dan KPU akan verifikasi serta dikirim kembali ke kecamatan dan menjadi DPT (Daftar Pemilih Tetap).

"Meski sudah ada DPT tapi ketika di hari pemilu masih ada warga yang tidak terdaftar di DPT boleh memilih asal punya KTP tapi untuk terdaftar di DPT masih banyak waktu peluang bagi pemilih untuk terdaftar," ujarnya.

Ia mengingatkan warga yang belum punya KTP agar segera memproses ke pemerintah setempat, setidaknya mendapat surat keterangan dari Dinas Dukcapil Menatwai.

Pantarlih, jelas Murtias harus mendata pemilih dengan akurat karena diperkirakan banyak pemilih pemula di Siberut Tengah.

"Pantarlih tidak boleh melihat didata saja,harus turun ke lapangan dan bagi pemilih yang kategori pemula ini yang utama harus ada KTP agar didaftar sebagai pemilih nantinya, dan soal pendataan pemilih di lapangan ini kita juga turun di lapangan 4 kali pengecekan tiap desa," ujarnya.

Anggota PPK Siberut Tengah Heri setiawan Satoko mengatakan pendataan pemilih ini agar lebih akurat juga ada pengawasan PPK di lapangan. "kita akan selalu mengontrol karena data pemilih ini memang sangat sensitif. (02)






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE