padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kota Solok

Wawako Solok Reinier Buka Seleksi 2000 Hafizh Quran Sumbar di Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok

Jumat, 06 April 2018 - 21:38:08 WIB - 144


PadangTIME.com - Ratusan Hafizh dan hafizah asal Kota dan Kabupaten Solok mengikuti rangkaian seleksi gerakan 2000 Hafizh Quran, yang di diinisiasi oleh Duta Quran Indonesia bersama Pemprov Sumbar dan Bank Nagari, Kamis (5/4) di Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok.

Wakil wali Kota (Wawako) Solok Reinier ketika membuka kegiatan itu mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Solok sangat mendukung adanya gerakan 2000 Hafizh Quran, dan gerakan tersebut sangat sejalan dengan visi dan misi Kota Solok sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2016-2021.

"Kita hari ini semakin dikhawatirkan dengan besarnya pengaruh pergaulan bebas, perilaku menyimpang, Narkoba dan kenakalan remaja lainnya yang menyerang generasi muda," ungkap Reinier dihadapan Pendamping dan guru mengaji yang hadir.

Dengan membekali dan mendekatkan generasi muda Solok dengan ajaran agama islam dan Al-Quran sejak dini, diharapkan akan menjadi bekal untuk melawan berbagai pengaruh negatif dalam kehidupan sehari-hari.

Sesuai dengan semangat religius yang diusung pemerintah daerah dan melalui berbagai program keagamaan, sebut Reinier, diharapkan akan menjadikan kota Solok sebagai salah satu lumbung Hafizh Quran di Sumatera Barat.

"Ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah, namun perlu dukungan dari semua pihak. Mari selamatkan generasi kita dengan mendekatkannya dengan Al-Quran dan Hadits," ajak Reinier yang juga turut didampingi Kabag Kesra Heppy Darmawan.

Duta Quran Indonesia untuk wilayah Sumbar, Rudi Novrianda mengatakan gerakan 2000 Hafizh Quran bertujuan untuk kembali mensyiarkan gerakan menghafal Al-Quran di provinsi Sumatera Barat. 2000 penghafal Quran akan dipilih dan diseleksi dari Kabupaten dan Kota yang ada di Sumbar.

"Kita akan seleksi dan pilih Hafizh dan Hafizah terbaik dari masing-masing Kabupaten kota. Pengujinya juga dari juri nasional, Provinsi dan dari Duta Quran," terang Rudi Novrianda.

Bagi Hafiz dan Hafizah yang lulus nantinya akan diberi stimulan dalam bentuk uang pembinaan melalui rekening Bank Nagari Syariah. 1 Milyar disiapkan bagi 2000 Hafizh yang lolos seleksi.Dananya bersumber dari zakat, Sodaqoh, dan donator lainnya yang mendukung gerakan 2000 hafiz Quran.

Generasi Qurani merupakan kunci terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan madani. Generasi muda Islam, harus kembali diikatkan dengan Al-Quran dan Hadits sejak dini sehingga dalam kehidupannya senantiasa berpatokan pada hukum dan syariat Islam.






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE