padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kota Solok

Penyampaian LKPJ 2017, Pertumbuhan Ekonomi Kota Solok Meningkat

Kamis, 05 April 2018 - 18:15:30 WIB - 55

Wako Solok Zul Elfian menyerahkan Nota Pengantar LKPJ 2017 Kepada pimpinan DPRD Yutriscan

PadangTIME.com  - Pemerintah Kota (Pemko) Solok optimis pertumbuhan ekonomi daerah tahun kemarin mengalami peningkatan dibanding tahun 2016 silam. Hal ini mengacu pada realisasi Anggaran Pendapatan dan serapan Belanja Daerah sepanjang tahun 2017.

Secara angka-angka, realisasi Pendapatan Kota Solok tahun 2017 berhasil mencapai angka 597,24 milyar. Jika dibanding tahun 2016, mengalami peningkatan sebanyak 24,60 milyar atau 104, 30 % dari realisasi sebesar 572,4 milyar.

"Realisasi pendapatan 2017 terdiri dari PAD sebesar 41,85 Milyar, dana perimbangan sebesar 472,50 milyar, dan pendapatan daerah lainnya yang sah sebesar 82,89 milyar," terang Walikota Solok saat menyampaikan Nota Pengantar LKPJ tahun 2017 dalam Paripurna di DPRD kota Solok, Senin (2/4).

Di sisi lain, realisasi belanja daerah tahun 2017 berhasil dicapai pada angka 556,78 milyar (76,78 %). Secara nominal mengalami peningkatan dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 549,01 milyar (77,89 %). Namun secara persentase mengalami penurunan.

Diakui Zul Elfian, Pemko Solok telah berupaya mencapai target yang ditetapkan dengan cara menyerap alokasi melalui serangkaian program dan kegiatan yang telah ditetapkan. Penyerapan anggaran belanja daerah merupakan salah satu cara menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

"Realisasi Belanja lansung maupun tidal lansung sangat berpengaruh terhadap sektor rill perekonomian. Belanja pemerintah diharapkan mampu menstimulan sektor perekonomian dan bersifat multiplier effect sesuai dengan program yang berpedoman pada RPJM dan RKPD," terang Zul Elfian dihadapan Pimpinan dan anggota DPRD kota Solok.

Pada intinya, tegas Zul Elfian, Pemko Solok yakin angka pertumbuhan ... ekonomi masyarakat berkembang dengan baik sepanjang tahun 2017, Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat merupakan salah satu indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Jika dilirik angka pertumbuhan ekonomi daerah kota Solok tahun 2016 mencapai 5,75 %. Angka ini lebih baik dari pemerintah provinsi yang hanya mencapai 5,27 % dan nasional diangka 5,02 % ditahun yang sama.

"BPS belum merilis angka pertumbuhan ekonomi kota Solok tahun 2017, namun sebagai gambaran sementara, angka pertumbuhan ekonomi Sumbar tahun 2017 sebesar 5,29 % dan nasional sebesar 5,07 %. Kita yakin lebih tinggi dibanding Provinsi dan nasional," beber Zul Elfian.

Sementara itu Wawako Solok Reinier menyampaikan, tingkat kesejahteraan masyarakat juga dapat dilihat dari pendapatan per kapita per tahun, yang merupakan rata-rata pendapatan yang diperoleh setiap penduduk dalam kurun 1 tahun.

Sebagai perbandingan saja, pendapatan per kapita penduduk kota Solok tahun 2016 sebanyak 48,11 juta. Meningkat sebesar 3,27 juta dibanding tahun 2015. Reinier juga yakin pendapatan per kapita penduduk kota Solok tahun 2017 mengalami peningkatan.

Dilanjutkannya, indikator lainnya yang menentukan tingkat kesejahteraan masyarakat kota Solok adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang meliputi umur harapan hidup, Harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah dan pengeluaran per kapita.

"Tahun 2016, IPM masyarakat kota solok mencapai angka 77,07 atau lebih baik dari propinsi, ini membuktikan tingkat kesejahteraan masyarakat kota Solok cukup baik. Dan kita yakin akan meningkat juga ditahun 2017 lalu," tutup Reinier.






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE