padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kota Solok

Produk kerajinan Kota Solok terus melangkah ke kancah Nasional.

Rabu, 04 April 2018 - 23:10:28 WIB - 100


PadangTIME.com  - Produk kerajinan Kota Solok terus melangkah ke kancah Nasional. Hal itu dibuktikan dengan turut dipakai dan ditampilkannya sejumlah kerajinan karya pelaku UMKM Kota Beras dalam re-launching produk unggulan Provinsi dan Smesco Minang Festival di gedung Smesco Indonesia, Jakarta, 31 Maret-1 April 2018.

Sebagai apresiasi atas produk kerajinan kota Solok, istri Mentri Koperasi dan UKM Bintang Puspayoga memakai kain Bordir Kasiek. Tidak hanya itu, sejumlah penari dalam pembukaan re-launching juga menggunakan kain tenun Batang Lembang.

Kegiatan yang dibuka lansung oleh ketua Dekranas pusat Hj. Mufidah Jusuf Kalla merupakan buah kerjasama antara Kementrian Koperasi dan UKM serta Dekranas Pusat. Dimana, produk-produk unggulan masing-masing Provinsi dipamerkan.

Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian yang juga hadir pada kesempatan itu, mengaku sangat bangga dan semakin termotivasi dengan turut dipakai, serta ditampilkannya produk kerajinan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Solok di pentas Nasional.

"Kita bangga dan senang karena produk kerajinan Kota Solok sudah mulai dilirik. Tentunya, ini menjadi motivasi tersendiri bagi Kota Solok untuk semakin mengembangkan kerajinan-kerajinan khas yang berdaya saing," ungkap Zul Elfian menjawab Klikpositif, Senin (2/4).

Diakui Zul Elfian, UMKM Kota Solok dari waktu ke waktu semakin bertumbuh. Kerajinan batik, Songket, Sepatu dan lainnya hingga produk kuliner berkembang dengan baik. Pemko dibantu Dekranasda Kota Solok terus mendukung kebangkitan UMKM Kota Solok.

Salah satu upaya dalam melecut semangat dan motivasi pelaku UMKM, diwujudkan dengan pendampingan dan penyediaan outlet UMKM atau Dekranasda Corner di kantor Balaikota Solok. Jadi produk kerajinan terbantu pemasaran dan promosi.

Di sisi lain, Ketua Dekranasda kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian berharap para pengrajin kota Solok untuk terus mengekplorasi produk-produk kerajinan yang dihasilkan sehingga bisa terus bersaing dengan produk daerah lain tanpa kehilangan ciri khasnya.

"Untuk bisa bersaing, kita harus terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, sehingga dapat diterima dan digandrungi pasar, kalau hanya stagnan maka kita akan tertinggal," jelas Ny. Zulmiyetti Zul Elfian usai menerima kunjungan ketua Dekranasda Provinsi Sumbar Ny. Nevy Irwan Prayitno.

Dengan semakin diliriknya produk-produk kerajinan UMKM Kota Solok, diharapkan akan berdampak signifikan dalam mendorong perekonomian masyarakat dan daerah. Membuka lapangan pekerjaan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan. (02)






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE