padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kota Solok

Pemko Solok Kembangkan Pariwisata Butuh Dukungan Masyarakat

Kamis, 29 Maret 2018 - 22:45:37 WIB - 90

Wawako Solok Reinier menyerahkan SK kepada salah satu Kelompok Sadar Wisata Kota Solok

PadangTIME.com - Peningkatan dan pembenahan infrastruktur pariwisata mesti dibarengi dengan peningkatan pelayanan. Pasalnya, Berkelanjutan atau tidaknya kunjungan wisatawan ke destinasi wisata yang disuguhkan, sangat dipengaruhi faktor kepuasan.

"Kepedulian masyarakat dan pelaku kepariwisataan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang datang, karena bisa sangat berpengaruh dalam pengembangan pariwisata ke depannya," sebut Wakil Walikota Solok, Reinier dalam sosialisasi bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Senin (26/3) di hotel Taufina.

Dukungan masyarakat yang ramah, elok dan santun dalam menerima setiap tamu yang datang akan memberikan kesan berbeda dan luar biasa terhadap wisatawan. Kesadaran ini yang harus tertanam disetiap pribadi masyarakat kota Solok.

Dijelaskan Reinier, setiap diri masyarakat kota Solok, Baik didaerah maupun yang ada diperantauan memiki peranan besar dalam memajukan pariwisata. Promosi dalam rangka menarik minat wisatawan untuk berkunjung perlu dioptimalkan.

"Saya yakin, masyarakat bersama Pokdarwis dan instansi terkait punya ide-ide positif dalam mengajak wisatawan untuk datang ke kota Solok. Bisa melalui event ataupun promosi destinasi wisata di media sosial," terang Reinier.

Diakui Reinier, sejumlah destinasi wisata kota Solok sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan. Setidaknya, ada sejumlah objek andalan yang bisa menjadi magnet dalam menaruk wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Salah satunya adalah wisata agro sawah Solok, hamparan luas sawah Solok dan aktivitas pertanian yang dilakukan masyarakat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Seperti apa beras solok yang ternama itu dihasilkan.

"Kita harap kedepannya, para wisatawan bisa merasakan sendiri bagaimana membajak sawah, bagaimana menanam padi hingga panen. Wisata edukasi seperti itu harus dikemas dalam sebuah konsep yang bagus sehingga memberikan pengalaman luar biasa bagi setiap wisatawan," sebut Reinier.

Kombinasi antara wisata agro dan seni tradisi daerah dengan latar utama sawah Solok, akan semakin menghidupkan nuansa wisata agro dan budaya kota Solok. Apalagi, Solok selama ini sudah dikenal dengan branding Kota Beras.

"Kita tinggal memoles sumber daya yang ada sehingga menjadi primadona wisata, masih banyak potensi lain yang bisa digarap, ide-ide inilah yang coba kita gali secara bersama-sama," tutup Reinier.

Disisi lain, Kadis Pariwisata Kota Solok Elvi Basri mengatakan pembekalan bagi Pokdarwis merupakan upaya mengikutsertakan peran serta masyarakat dalam membangun dan memajukan pariwisata kota Solok.

"Majunya sektor pariwisata akan sangat berdampak positif dalam mendorong berkembangnya Usaha dan ekonomi masyarakat, untuk itu,  mari bersama-sama kita mendukung pengembangan pariwisata kota solok menuju Visit kota Solok 2020," sebut Elvi Basri. (01)






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE