padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kota Solok

Wawako Solok Reinier: Himbau Masyarakat Untuk Gemar Membaca Dijadikan Kebutuhan

Rabu, 21 Maret 2018 - 19:37:39 WIB - 77

Wawako Solok Reinier mengukuhkan Ny. Zulmiyetti Zul Elfian sebagai Bunda Literasi Kota Solok.

PadangTIME.com - Sejumlah program strategis yang digulirkan Pemko Solok belum begitu mampu menyentuh setiap kalangan untuk menjadikan membaca sebagai sebuah kebutuhan, mulai dari perpustakaan keliling, Program Buku Bergulir hingga Bazar Buku Murah.

Minat baca masyarakat Kota Solok masih tergolong rendah, kondisi ini mengharuskan Pemerintah Kota (Pemko) Solok untuk putar otak menyiasati strategi jitu untuk meransang masyarakat agar gemar membaca demi terwujudnya Kota Solok sebagai kota literasi.

Minat baca masyarakat kita masih lemah, ini yang harus kita carikan solusinya secara bersama-sama," ungkap Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier ketika membuka Rapat Koordinasi Perpustakaan, Selasa (20/3) di Gedung Kubuang XIII.

Dijelaskan Reinier, program-program yang telah dilakukan bukan tidak ada dampaknya, namun masih belum begitu optimal dan berpengaruh signifikan. Kedepan, harus ada kerjasama yang lebih serius dengan pihak terkait lainnya.

Terutama kalangan akademisi yang tentunya punya kajian-kajian yang lebih mendalam dalam persoalan tersebut. Peran aktif pemerintah, lembaga pendidikan formal maupun non formal harus lebih digiatkan dalam meransang masyarakat yang gemar membaca.

"Sejumlah sekolah sudah memiliki pondok baca dan perpustakaan yang representatif, ke depannya kita berkeinginan setiap lembaga pendidikan di kota Solok sudah punya fasilitas tersebut," harap Reinier.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan kota Solok Mursiati, Rakor lintas sektoral perpustakaan itu ditujukan untuk menyinkronkan kegiatan perpustakaan Kota Solok dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemko Solok.

"Ini merupakan tanggungjawab kita bersama untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui edukasi yang tepat, sehingga perpustakaan sebagai salah satu sarana pembelajaran dalam peningkatan wawasan digandrungi masyarakat," sebut Murniati.

Sebagai langkah nyata mencarikan solusi hal itu, Pemko Solok juga ditandatangani Memorandum of Understading MoU dengan dekan Fakultas Ilmu Budaya Andalas serta Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan pengukuhan Bunda Literasi Kota Solok 2018-2021 yang dijabat oleh Ny. Zulmiyetti Zul Elfian serta pengukuhan Ikatan Pustakawan Indonesia kota Solok periode 2017-2019 yang diketuai oleh Budiman Muslim.

Di sisi lain juga dilakukan sosialisasi undang-undang nomor 43 tahun 2007 di Aula Dinas Pendidikan kota Solok. Sosialisasi ditujukan bagi pimpinan OPD, Camat, Lurah, kepala Sekolah SD dan SMP, kelurahan dan Mesjid yang dibina.(02)






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE