padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Padang Pariaman

Dinas Sosial Padangpariaman Kucurkan Dana 30 M untuk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Kamis, 01 Februari 2018 - 07:02:18 WIB - 202

Pertemuan beberapa OPD dengan para awak media diruang rapat Sekdakab Padangpariaman

PadangTIME.com -  Padangpariaman, Sebanyak 12.169 keluarga bakal terlayani Program PKH dari Dinsos Pemkab Padangpariaman tahun 2018. Perhatian pemerintah terhadap penanggulangan keluarga miskin dari tahun ke tahun terus meningkat. Melalui Program Keluarga Harapan (PKH), tahun 2018 terjadi peningkatan dari jumlah keluarga miskin yang dilayani dan jumlah anggaran yang dikucurkan Kementerian Sosial di Kabupaten Padangpariaman.

Dalam siaran Prsss Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Padangpariaman Arman Adek, di ruangan rapat Sekda mengatakan, pada tahun 2017 jumlah keluarga yang dilayani PKH sebanyak 7.622 dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp 14 miliar. Masing-masing keluarga mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,8 juta selama setahun.

“Sedangkan tahun 2018 ini, jumlah keluarga yang dilayani meningkat menjadi 12.169 keluarga dengan total dana sebesar Rp 30 miliar. Kenaikan disebabkan kenaikan presentase keluarga yang dilayani PKH. Tahun 2017 hanya 10 persen dari keluarga miskin. Tahun 2018 meningkat menjadi 25 persen dari keluarga miskin,” kata dia.

Jumpa pers yang dipimpin Kabag Humas dan Protokol Pemkab Padangpariaman Andri Satria, juga dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Ali Amran dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Erman berjalan cukup alot. Pertemuan yang dijadwalkan dalam undangan rapat pada pukul 09.00 Wib dapat dilaksanakan pada pukul 09.45 Wib.

Kadis Arman mengatakan, bantuan kepada masyarakat miskin juga diberikan melalui kelompok usaha bersama (KUBE). Tahun 2017 diberikan bantuan kepada 60 kelompok dengan anggaran dana sebesar Rp 1,2 miliar. Tahun 2018 ini khusus KUBE kawasan pesisir pantai disetujui diberikan bantuan kepada 30 kelompok KUBE. Sedangkan yang diusulkan sebanyak 100 KUBE untuk mendapatkan pelayanan bantuan melalui kawasan pesisir pantai.

Sedangkan melalui rumah tidak layak huni (RTLH), lanjut Arman, sudah dibangunkan rumah sebanyak 93 unit dengan total anggaran Rp 1,9 miliar. Tahun 2018 ini diusulkan kembali bantuan RTLH sebanyak 400 unit rumah. Namun yang disetujui baru sebanyak 100 unit. Total dana yang akan dikucurkan melalui RTLH ini mencapai Rp 1,5 miliar.

Dibagian lain, Arman juga mengungkapkan selama 2017 Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Padangpariaman menanggani kasus pencabulan sebanyak 18 kasus, 8 kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), 1 kasus pelecehan seksual, 1 trafficking, 1 kasus bayi yang ditinggakan ibunya, 3 kasus perkelahian missal, 4 kasus pekerja seks komersial (PSK) dan kasus pencurian yang dilakukan anak usia 13 tahun.

“Penyandang disabilitas juga mendapat perhatian dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Padangpariaman. Ada 295 disabilitas yang dilayani, bantuan dana sebesar Rp 3 juta/10 bulan. Sedangkan orang tua terlantar, orangtua yang tidak ada lagi mendapat perhatian dari anggota keluarganya, maka diberikan bantuan sebesar Rp 200.000 per bulan selama 10 bulan. Jumlahnya mencapai 124 orang,” kata Arman menambahkan.






Berita lainnya :

 
close
Emzalmi Desri
close
Mahyeldi Hendri
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE