padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Pasaman

Pemkab Pasaman dan Bank Nagari Sosialisasikan Transaksi Non Tunai

Selasa, 30 Januari 2018 - 08:27:02 WIB - 118


PadangTIME..com -Pasaman,  Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Badan Keuangan Daerah menyelenggarakan sosialisasi transaksi non tunai, SP2D online dan penandatanganan kerjasama antara Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman di aula lantai 3 kantor Bupati Pasaman Senin, (29/1).

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis didampingi oleh Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama, Sekretaris Daerah M. Saleh dan unsur Forkopimda Kabupaten Pasaman.

Turut hadir Direktur Bank Nagari Sumbar diwakili oleh Direktur Keuangan Ir. M. Irsyad, Kepala Perwakilan BPKP diwakili oleh Koordinator  Pengawasan JFA bidang APD MV Chinggih Widanarto, Kepala KPPN Lubuk Sikaping, Kepala KP2KP Lubuk Sikaping.

Bupati Pasaman dalam sambutannya mengatakan, kita mendukung edaran Mendagri tahun 2017, bahwa transaksi penerimaan dan pengeluaran daerah yang dilakukan oleh bendahara penerima/pengeluaran wajib dilakukan secara non tunai paling lambat 1 Januari 2018, bahkan Pasaman telah mempelopori  hal ini  dengan melakukan uji coba sejak tahun 2017 pada beberapa SOPD.

H. Yusuf Lubis menambahkan, transaksi non tunai dipandang cukup ampuh sebagai salah satu solusi pencegahan tindak pidana korupsi dan pencucian uang, sebab transaksi mutasi kas tercatat dan  tersistem dengan lengkap antara pengirim dan penerima, hingga peluang untuk melakukan penyelewegan menjadi semakain sempit.

“Disamping itu, dengan kemajuan teknologi informasi, data dan bukti transaksi non tunai tersimpan dengan baik dalam sistem elektronik. Hal ini sejalan dengan tekat dan keinginan Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk mewujudkan  transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan Daerah”, ujar Bupati.

Kepala BKD Pasaman melaporkan,  sosialisasi transaksi non tunai diikuti oleh seluruh Penggunan Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengelola Teknis Kegiatan (PPTK) dan bendahara pengeluaran dilingkungan  Pemerintah Kabupaten Pasaman.

“Kegiatan ini bertujuan  meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pejabat pengelola keuangan, menciptakan proses pengelolaan keuangan yang taat azas, hingga menghindarkan diri dari permasalahan hukum serta mewujudkan pengelolaaan keuangan daerah yang lebih efektif, efisien,tepat guna, transparan dan akuntabel,” ujar Mulyatmin menambahkan.

Sementara M. Irsyad, direktur keuangan Bank Nagari Sumbar dalam sambutan mengatakan, dengan berkembang pesatnya teknologi informasi, teknologi antar perbankan sudah sangat kompetitif, hingga transaksi antar bank sudah tidak ada batas, transaksi non tunai merupakan  sebuah keniscayaan. (02)






Berita lainnya :

 
close
Emzalmi Desri
close
Mahyeldi Hendri
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE