padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kota Padang

Pemko Padang Dinilai Serius Giatkan Kampung KB

Senin, 25 Desember 2017 - 19:50:56 WIB - 33


PadngTIME.com  - Pemerintah Kota Padang dinilai serius terhadap pengembangan "Program Kampung KB" yang dibentuk di setiap kecamatan. Keseriusan Pemko juga disikapi lurah bersama tokoh masyarakat dalam percepatan pembangunan di wilayah yang selama ini dianggap kumuh dan marginal.

"Keseriusan Pemerintah Kota Padang untuk percepatan pembangunan Kampung KB, rupanya disikapi dengan baik oleh lurah bersama tokoh masyarakat," kata anggota Komisi IX DPR RI dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR. saat sosialisasi program kependudukan dan Keluarga Berencana di Berok, Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Sabtu (24/12/2017).

Suir Syam melihat kemajuan signifikan kampung KB yang di bentuk di beberapa kelurahan di Kota Padang. Terutama di Gunung Pangilun, terbukti kesadaran warga meningkat untuk berpartisipasi meningkatkan kualitas lingkungan sekaligus kualitas kehidupan.

"Dari 10 kampung KB yang saya kunjungi, saya melihat warga di RW 12 Berok Gunung Pangilun ini ada nuansa berbeda. Warganya antusias menyambut setiap pembangunan sehingga nampak perubahan, lebih baik dari sebelumnya," ujarnya.

Menurut mantan Walikota Padang Panjang itu, pembangunan di kampung KB memang dilakukan terintegrasi dengan program yang dilaksanakan lintas sektor. Sehingga pergerakan di semua sektor itu memiliki daya ungkit lebih cepat, terlebih dengan adanya dukungan warga yang menginginkan adanya perubahan.

"Melalui kegiatan terintegrasi lintas sektor dan dukungan warga akan mempercepat pembangunan menuju perubahan taraf kehidupan dan lingkungan," selanya.

Ia berharap kampung KB Berok, Gunung Pangilun lebih maju sehingga menjadi contoh bagi kampung KB yang lain. Begitu juga kampung KB Pagang Dalam di Kecamatan Nanggalo yang juga mengalami percepatan dalam pembangunan lingkungan karena terintegrasi dengan kegiatan pembangunan lainnya seperti program "Kotaku".

"Saya berharap kampung KB di Gunung Pangilun lebih cepat maju dan jadi percontohan," tukuknya.

Sementara, Setma BKKBN Pusat Novrizal, MA mengatakan, kegiatan yang trruntegrasi di kampung KB mampu membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap program kependudukan dan KB ditengah-tengah masyarakat, sehingga target sasaran KB secara nasional dapat tercapai.

"Selain kegiatan pembangunan fisik, melalui kampung KB juga membangkitkan kembali program kependudukan dan KB," kata Novrizal.

Ungkapan senada juga disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Heryanto Rustam terkait peningkatan partisipasi masyarakat kampung KB.

Sedangkan Lurah Gunung Pangilun Andi Amir, pergerakan pembangunan kampung KB tidak lepas dari peran tokoh masyarakat yaitu, Ketua LPM, Ketua RT dan RW. Posisi lurah disini adalah mengkoordinasikan dengan pihak lainnya.

"Inilah berkat peran tokoh masyarakat. Lurah hanya membangun koordinasi dan komunikasi dengan stakeholder lainnya," ujar Andi Amir.

Adapun kegiatan sosialisasi ini dihadiri para kader posyandu, KB dan PAUD serta komponen masyarakat serta warga lainnya. Kegiatan ini tergolong sukses karena ratusan warga menyempatkan hadir siang itu.(DU)






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE