padangtime
facebook instagram twitter google plus
Ekonomi

Lebih efisien dengan transaksi pembayaran nasional

Minggu, 24 Desember 2017 - 06:40:14 WIB - 120


PadangTIME.com - JAKARTA. Selamat datang Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)! Mulai awal 2018, era transaksi keuangan lewat GPN bisa lebih efisien karena menyatukan atau interkoneksi dan interoperabilitas sistem pembayaran berbeda.

Kebijakan sistem pembayaran nasional ini akan mengarahkan transaksi perbankan di Tanah Air, semuanya tercatat dan settlement di dalam negeri. Dus, fee based income dari transaksi tidak lari ke luar negeri seperti kalau platform kartu debit menggunakan prinsipal asing.


Bank Indonesia (BI) mewajibkan bank harus mencantumkan logo nasional GPN pada setiap instrumen alat pembayaran domestik mulai tahun depan.

Bank juga harus mengeluarkan kartu debit berlogo nasional GPN. Kemudian, untuk tahun 2022, nasabah wajib memiliki satu kartu debit berlogo GPN.

Bagi nasabah yang ingin memiliki kartu debit berlogo GPN dapat datang ke bank. Nantinya, bank akan menawarkan dua pilihan kartu. Yakni, kartu debit berlogo GPN atau kartu debit bertanda prinsipal asing.

Kepala Pusat Program Transformasi BI Onny Widjanarko mengatakan, kewajiban logo nasional GPN ini agar pemegang kartu debit nyaman bertransaksi di dalam negeri dan seluruh transaksi dilakukan di Tanah Air. Adanya, logo nasional ini maka biaya transaksi akan lebih murah yakni maksimal 1% per transaksi.

Direktur BCA Santoso Liemmengatakan, konsumen tidak perlu menukarkan kartu debit dengan logo GPN di tahun depan. "Karena kartu magnetik dan cip masih tetap bisa menggunakan fasilitas GPN," ujar Santoso. Namun, BCA akan mulai mencetak kartu debit GPN mulai tahun depan.

Bank swasta ini akan menawarkan kartu debit ke nasabah pertama yang berlogo GPN, selanjutnya yang kedua adalah yang berlogo prinsipal luar negeri. Nantinya, pemilik satu tabungan bisa saja memiliki dua kartu yaitu debit berlogo GPN dan yang bertanda prinsipal asing.







Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE