padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Pasaman Barat

Kec Pauh Duo,Solsel studi banding ke Bumnag Sasak

Senin, 18 Desember 2017 - 23:24:46 WIB - 97


Padang TIME.com - Rombongan dari Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan (Solsel), mengunjungi Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) Tunas Jaya di Kenagarian Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie,Pasaman Barat, Senin (18/12).

Ketua rombongan yang juga Camat Pauh Duo Zamzami SE mengatakan, kedatangan kami ke Sasak ini dalam rangka melihat perkembangan tentang keberhasilan tata cara pengelolaan Bumnag Tunas Jaya Sasak. Selain itu, juga melihat sejauh mana perkembangan pemekaran nagari di Sasak ini.

“ Tidak salah lagi,jauh jauh kami daari Solsel datang ke BumnagTunas Jaya Sasak ini untuk mempelajari secara mendalam tentang sistem administrasi yang dikelola Bumnag tersebut.Apalagi, Bumnag ini berhasil meraih 7 besar tingkat nasional tahun 2016 dalam kategori rintisan berkembang Bumnag/Bumdes, “ ujarnya

Lebih jauh Zamzami menyebutkan,Kecamatan Pauh Duo memiliki 4 Nagari defenitif dan satu Nagari Persiapan yakni Nagari Luak Kapau Alam Pauh Duo, Walinagarinya Syahibul Izar S.Sos Dt Rajo Aceh, Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Walinagarinya Zarmis,  Nagari Alam Pauh Duo,Walinagarinya Pj Desmarni S.Pd M.Pd dan Walinagari Pauh Duo Nan Batigo  Walinagarinya Lutfi.Ditambah lagi Nagari Persiapan Pekonena Alam Pauh Duo Pj Walinagarinya Syaiful Arfan

  “ Dari seluruh nagari yang ada di Kecamatan Pauh Duo,hanya Bumnag Alam Marinteh Mandiri Nagari Pauh Duo Nan Batigo yang eksis dan berkembang di kecamatan tersebut. Bumnag itu bergerak dibidang perkebunan kopi, sanitasi air besrih dan listrik. Namun Bumnag Tunas jaya Sasak lebih maju dan bermutu dibandingkan Bumnag kami, “ ujarnya.

Maka dari itu,kami mempelajari secara mendalam tentang tata kelola dan sistem administarsi yang diterapkan Bumnag Tunas Jaya Sasak ini, agar Bumnag yang kami miliki seperti Bumnag Alam Marinteh Mandiri  beserta Bumnag lainnya, bisa berhasil dan berkembang pesat serta bisa mewakili Sumbar ke tingkat nasional  untuk masa yang akan datang, “ pinta Zamzami

Walinagari Luak Kapau Alam Pauh Duo Syahibul Izar S.Sos Dt Rajo Aceh, mengaku kagum dengan cara pengembangan Bumnag Tunas Jaya Sasak yang telah mewakili Sumbar ke  tingkat Nasional, sehingga meraih 7 besar nasional dalam pengelolaan Bumnag atau Bumdes

“ Kami akan mencoba untuk bisa menuruti jejak Bumnag Tunas Jaya Sasak.Namun kami perlu bimbingan, dan masukan dari Bumnag Tunas Jaya. Keberhasilan Bumnag kami nantinya tidak terlepas dari peran Bumnag Tunas jaya, “ tegas Dt Rajo Aceh tersebut.

Sementara itu Wali Nagari Sasak, Arman mengatakan keberhasilan pengelola Bumnag Tunas Jaya bukanlah keberasilan pihaknya, tapi tidak terlepas dari  pembinaan OPD atau SKPD, serta semua unsur warga Nagari Sasak.

“Bersama ninik mamak, tokoh masyarakat, alim ulama, cadiak pandai, pemuda yang selalu ikut mendukung keberadan Bumnag tersebut. Tanpa mereka itu, kami Bumnag Tunas Jaya bukanlah siapa siapa,”ujar Arman

Lebih jauh Arman menyebutkan, kunjungan Kecamaatan Pauh Duo ke Sasak ini, adalah suatu kehormatan dan kebanggan tersendiri bagi Nagari Sasak. Kenapa tidak, kedatangan rombongan itu sambil mempelajari Bumnag Sasak, juga menambah incam bagi masyarakat Sasak terutama bagi rumah makan. Disamping itu, kami juga bisa mempromosikan destinasi wisata Pantai Sasak kepada rombongan itu.

“ Semakin banyak pejabat atau masyarakat luar yang datang ke Sasak dalam rangka kunker dan rekreasi,semakin tinggi pendapaatan ekonomi masyarakat Sasak. Oleh Sebab itu Bumnag Tunas Jaya dan Destinasi Wisata Pantai Sasak merupakan daya tari bagi pejabat atau  masyarakat untuk datang kesini, “ pintanya.

Camat Sasak Ranah Pasisie Nur Fauzih Zein S.Sos, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kecamatan Pauh Duo beserta walinagari dalam rangka menukar pikiran tentang perkembangan kecamatan baik dari segi perekonomani maupun  pariwisata, terutama masalah Bumnag.

“ Sasak memiliki Bumnag dan Pantai, Pauh Duo memiliki Home Stay, maka dari itu kita akan mencoba membangun Home Stay di Sasak. Sebab Sasak memiliki destinasi wisata pantai yang begitu bagus dan indah. Kenapa Pauh Duo bisa, kenapa kita tidak, “ ungkapnya.(Rj)






Berita lainnya :

 
close
Emzalmi Desri
close
Mahyeldi Hendri
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE