padangtime
facebook instagram twitter google plus
DPRD Pasaman

" Tim Akreditasi Kemenhub RI nilai UPUBKB Dishub Pasbar"

Jumat, 15 Desember 2017 - 22:10:07 WIB - 99


Padang Time.Com- Tim akreditasi dari Dijen Perhubungan Darat Kemenhub RI dan Dishub Provinsi Sumbar,menilai Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB), di kantor pengujian kendaraan bermotor Dishub Pasaman Barat di Padang Tujuh.

Kepala Dishub Pasbar Andrinaldi AP M.Si di ruangannya mengatakan, peraturan terkait akreditasi ini tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No.SK.1471/AJ.402/DRJD/2017 tentang Akreditasi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor.

Disamping itu juga diamanatkan dalam Undang Undang No. 22 Tahun 2009 maupun PM No 133 tahun 2015 tentang pengujian berkala kendaraan bermotor,bahwa setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan itu harus memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan.

"Pengujian ini yang dilakukan tim akreditasi sebagai legalitas bahwa unit PKB ini memenuhi persyaratan yang sesuai dengan aturan yang ada," ujar mantan Kasat Pol PP itu.

Dijelaskannya, tujuan tim akreditasi tersebut adalah melihat lokasi,peralatan yang ada saat pengujian kendaraan bermotor.Semua yang dinilai akan ada hasil yang di keluarkan dari tim akreditasi. Apakah layak atau tidak nya Pengujian Kendaraan Bermotor tersebut.

"Suatu Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor  harus memenuhi persyaratan agar bisa lolos akreditasi, seperti lokasi pengujian, kompetensi tenaga penguji," ungkap mantan Camat Pasaman.

Kemudian syarat  lainnya  sambung Andrinaldi standar fasilitas prasarana pengujian berkala kendaraan bermotor, keakurasian peralatan pengujian, sistem dan tata cara pengujian serta sistem informasi uji berkala kendaraan bermotor.

"Apabila semua persyaratan itu memenuhi kriteria yang dinilai oleh tim tersebut nanti akan ada hasil yang di keluarkan dari tim akreditasi, kita tunggu saja hasinya," tegas Rang Payakumbuah itu.

Jika sebaliknya hasil akhir dari tim akreditasi tidak lolos kilahnya,maka Pengujian Kendaraan tidak bisa di laksanakan di kabupaten ini,dan akan di laksanakan pengujian kendaraan di kabupaten terdekat seperti Pasaman atau Lubuk Basung

"Kami yakin bisa lolos akreditasi ?,sebab semua persyaratan dan kritetia telah kami penuhi ditambah lagi sistem pembayaran uji Kir ini telah menggunakan transaksi non tunai,"ucap Alumni STPDN.

Maka dari itu pihaknya berharap Pasbar secara aspek legalitas,bisa menjadikan salah satu pilot project akreditasi di Sumbar. Semoga pengujian kendaraan bermotor di Pasbar bisa memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan kinerja maksimal.

Selain itu Andrinaldi juga menambahkan program transaksi non tunai yang telah diuji coba, merupakan salah satu program andalan Dishub Pasbar tahun ini.Program itu sudah dirancang jauh-jauh hari dengan tujuan untuk menghilangkam pungli yang selama ini marak terjadi.

"Kita optimis,program transaksi non tunai yang kami terapkan bisa diterima oleh masyarakat Pasbar.Selain mudah dan cepat,juga menjadi trend bagi kalangan masyarakat yang menggunakannya,"harap suami Lenggo Geni ini.(Rj).






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE