padangtime
facebook instagram twitter google plus
Pemprov Sumbar

Wagub Sumbar Nasrul Abit membuka pameran sejarah pers di Minangkabau.

Jumat, 01 Desember 2017 - 23:43:26 WIB - 60


 PARIWARA PEMPROV  SUMBAR

Padang, 1 Desember  2017

 PadangTIME.com -  Pameran Sejarah Pers Nasional di Minangkabau” di  Museum Adityawarman, Jalan Diponegoro Padang, dibuka secara resmi Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit,  Jumat (1/12/2017).Museum Pameran  ini  memamerkan sejarah pers di Minangkabau untuk menyambut Hari Pers Nasional yang bakal diselenggarakan di Kota Padang pada 2018.

Nasrul Abit berharap, agar generasi pers yang sekarang mengikuti jejak langkah dan kiprah tokoh-tokoh Minangkabau yang sedari dulu telah berkiprah di kancah nasional di bidang pers.
Yang membedakan generasi pers yang sekarang dengan generasi pers tempo doeloe lebih dalam hal pemanfaatan teknologi. Secara prinsip dan pemikiran, pers tempo doeloe dan zaman now tidaklah berbeda,” papar wagub.

Nasrul Abit juga mengapresiasi iven pameran pers yang diinisiasi serta diselenggarakan oleh pihak UPTD Museum Adityawarman. Dengan adanya pameran ini, masyarakat luas lebih mengetahui perjuangan sejarah media di Ranah Minang.

Pameran ini  juga  memperkenalkan sejarah pers di Sumbar terutama untuk generasi muda dan sebagai media pembelajaran bagi pelajar," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Adityawarman, Adi Saputra . Sebanyak 83 koleksi dipajang dalam pameran itu yang terdiri atas 59 surat kabar dari masa ke masa, 12 benda penunjang pers seperti kamera, mesin tik, telepon, radio alat perekam suara, serta foto-foto tokoh pers Sumbar seperti Adinegoro dan Rohana Kudus.

Pameran tersebut diselenggarakan selama enam bulan mulai dari 1 Desember 2017 hingga 1 Juni 2018.Menurutnya anak-anak muda banyak yang tidak tahu perjalanan sejarah Sumbar dari masa ke masa dan siapa saja tokoh-tokoh pers di provinsi ini. Dalam beberapa referensi, kata Adi, media massa di Sumbar terbagi dalam beberapa periode, seperti periode awal yang ditandai dengan penerbitan surat kabar berbahasa Belanda yang menyuarakan kepentingan pemerintah atau kaum penjajah.

Menurut Adi, pameran pers yang akan menampilkan aneka koleksi pers dari masa ke masa ini menjadi momentum untuk mengenalkan sejarah dan perjalanan pers Sumbar beserta tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangannya kepada generasi muda, khususnya di Sumbar.

Selain itu, museum mengharapkan pameran pers yang diselenggarakan dapat menjadi sarana edukasi dan hiburan bagi seluruh pengunjung.

Terselipnya unsur “kekinian dalam kekunoan” dalam pameran ini juga dapat mengubah imej museum yang selama ini dianggap monoton dan kaku, sehingga mampu meningkatkan semangat dan antusiasme generasi muda untuk berkunjung dan belajar di museum.

Periode kedua, ciri utamanya yakni mulai dominannya surat kabar dan majalah berbahasa Melayu yang diterbitkan oleh orang Minangkabau.


Kemudian yang ketiga pada zaman terbelenggunya perkembangan informasi , sesuai kebijakan Pemerintah Jepang hanya boleh satu media yang boleh terbit, yakni surat kabar Padang Nippon. Ada beberapa periode setelah itu, seperti periode berjuangnya media massa untuk menggelorakan kemerdekaan, dan periode demokrasi liberal," ujarnya.Kemudian yang keenam yakni periode intervensi yang berlangsung sejak proklamasi hingga peristiwa Gerakan 30 September oleh PKI.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan pameran sejarah pers ini merupakan momen bagi generasi muda untuk belajar mengenal sejarah media massa. Banyak hal yang bisa dipelajari, apalagi media berperan dalam kemerdekaan dan menyuarakan kepentingan negara," katanya. (tn)










Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE