padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kota Payakumbuh

Walikota Payakumbuh :Tingkatkan Inovasi dan Kreatifitas Pengolahan Dengan LCM-B2SA

Rabu, 22 November 2017 - 22:07:35 WIB - 50


PadangTIME.com -  PAYAKUMBUH - Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh gelar lomba pengolahan pangan lokal non beras non terigu di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Jln. Imam Bonjol Kel. Padang Tinggi, Payakumbuh Barat, Rabu (22/11).

Kegiatan dihadiri oleh Walikota yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ruslayetti, Plt. Kepala dinas ketahanan pangan, Wal Asri, TP PKK kota dan kecamatan, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, hadirin dan undangan lainnya.

Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Staf Ahli Ruslayetti menyampaikan bahwa Walikota Payakumbuh memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. “Konsumsi pangan alternatif seperti singkong, jagung atau sagu masih sulit dijadikan gaya hidup, hal ini disebabkan masih rendahnya inovasi teknologi pengolahan pangan, selain itu juga disebabkan konsumsi pangan tersebut diidentikkan sebagai konsumsi orang tidak mampu,” ujar Ruslayetti.

Ruslayetti menambahkan, “Melalui kegiatan ini kiranya dapat memotivasi dan mengajak masyarakat untuk mau mengembangkan olahan pangan lokal non beras non terigu yang dimulai dari tingkat rumah tangga, sehingga nantinya dapat kita biasakan anak-anak kita mengkonsumsi pangan lokal, ” harap Ruslayetti.

Sementara itu, Wal Asri selaku panitia pelaksana melaporkan bahwa lomba tersebut diikuti oleh 19 peserta yang terdiri dari 14 kelompok wanita tani (KWT) dan 5 TP PKK kecamatan se-kota Payakumbuh.

“Kegiatan ini selain bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk olahan pangan lokal non beras non terigu, juga untuk memperkenalkan berbagai olahan  pangan lokal serta mendorong peningkatan kreativitas masyarakat dalam menciptakan kreasi olahan pangan lokal non beras non terigu, ” lapor Wal Asri.

Dewan juri dalam kegiatan tersebut terdiri dari beberapa unsur, yaitu dari TP PKK kota Payakumbuh,  Erni Roska, Politani, Rahzarni, Eliyaryani dari SMK 3 Payakumbuh dan Dinas Ketahanan Pangan diwakili Wal Asri dan Alitismal.

Adapun pemenang lomba pengolahan lokal non beras non terigu tahun 2017 yaitu, juara 1 dari PKK Kec. Latina, juara 2 KWT Mutiara Hati Latina, juara 3 PKK Muaro Payakumbuh Utara, Harapan I KWT Tanjung Jaya Payakumbuh Timur dan Juara Harapan II PKK Kel. Payobasung Payakumbuh Timur.

Para pemenang mendapatkan hadiah uang tunai dengan juara 1 sebesar 2 juta, juara 2 1,750 ribu, juara 3 1,5 juta. kemudian untuk harapan 1 sejumlah 1,250 juta dan harapan 2 sebesar 1 juta.

Etape 5 TdS 2017, 82 Pembalap Ditantang Tiga Tanjakan Tinggi

PadangTIME.com -KOTA SOLOK, Sebanyak 82 pembalap akan beradu cepat pada etape 5 Tour de Singkarak 2017 hari ini. Balapan ini akan menempuh jarak 153,2 kilometer dari Kota Solok ke Kabupaten Solok Selatan.

Dimulai dari Terminal Bareh Solok, puluhan pembalap akan ditantang dengan trek yang penuh rintangan serta keasrian alam Kabupaten Solok dan Solok Selatan.

Pada etape ini, pesepeda dari 28 negara akan dihadapkan dengan tiga balapan menanjak dan dua balapan adu cepat atau sprint. Tidak tanggung-tanggung, khusus pada balapan menanjak, dipastikan akan menguras tenaga pembalap.

Sebab, di etape ini tiga tanjakan yang akan ditempuh pembalap terletak di ketinggian antara 900 hingga 1500 m dpl (meter dari permukaan laut), dan dalam istilah balap sepeda, tanjakan tersebut merupakan kategori High Classification (HC).

Usai start dari Terminal Bareh Solok, tanjakan tinggi pertama akan ditemui pembalap di sekitaran Gunung Talang, tepatnya di kilometer ke 23. Tanjakan di kawasan ini terletak di ketinggian 932 MdPL.

Sepanjang 10 kilometer, nafas tidak boleh putus, porsi tenaga tidak akan berkurang, pasalnya tepat di Kayu Aro, tanjakan yang terletak di ketinggian 1205 MdPL sudah menanti 82 pembalap tersebut.






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE