padangtime
facebook instagram twitter google plus
Pemprov Sumbar

Pemprov Sumatera Barat Terus Promosikan Pariwisata Sumatera Barat Pada Pegelaran Sumbar Expo 2017

Senin, 13 November 2017 - 20:38:28 WIB - 28

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat melakukan pembukaan kegiatan Sumbar Expo 2017 di Batam (Humas Pemprov Sumbar)

PARIWARA  PEMPROV SUMATERA BARAT

 13 NOVEMBER 2017

PadangTIME.com  Pemerintah Provinsi Sumatera Barat  berupaya menarik peluang guna pengembangan daerah. Baik itu dengan terus mempromosikan potensi yang ada di Sumbar melalui iven tahunan seperti Sumbar Expo, maupun penjajakan kepada para investor.

"Gelaran Sumbar Expo 2017 yang dilaksanakan tiap tahun ini merupakan peluang untuk menjual potensi Sumbar, guna menarik wisawatan berkunjung, serta investor yang ingin berinvestasi. Sehingga nanti akan berdampak kepada pelaksanaan pembangunan, juga perekonomian masyarakat yang akan terus meningkat," ujar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, saat membuka Sumbar Expo di Lapangan Engku Putri Kota Batam, Kamis malam (9/11).

Ditambahkannya, Sumbar kaya akan potensi, baik itu alam maupun destinasi pariwisata, maka perlu sentuhan investasi untuk dikembangkan. Jika mengandalkan APBD saja untuk itu, tidak akan mencukupi, sehingga perlu membuka pintu bagi para investor yang ingin berinvestasi serius di Sumbar. Oleh karena itu, kemudahan berinvestasi yang diberikan Sumbar, yakni pengurusan perizinan bagi calon investor.

Lebih lanjut, Irwan mengajak masyarakat Kota Batam agar berwisata ke Sumbar, karena banyak pilihan wisata di ranah minang seperti danau, laut dan gunung, kuliner dan budaya.

"Kami di Sumbar tengah gencar dengan pariwisata. Untuk itu, perlu bagi masyarakat Batam untuk mengunjungi destinasi wisata di Sumbar. Apalagi, destinasi wisata sudah dikenal luas wisatawan," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun, mengapresiasi diadakannya Sumbar Expo di Kota Batam. Apalagi, penduduk di Kepri juga ada yang berasal dari Sumbar yang turut memberi
kontribusi dalam pembangunan Kepri. "Banyak juga masyarakat dari Sumbar bekerja dan tinggal di Kepri. Sehingga, dengan adanya Sumbar Expo di Batam ini juga bakal meningkatkan silaturahmi antara Sumbar dan Kepri," katanya.

Dari sektor pariwisata juga akan memberikan timbal balik, apalagi Sumbar dikenal dengan pariwisata yang tengah gencar dipromosikan. Begitu juga wisata Kepri.

"Jadi nanti akan ada timbal balik kunjungan wisata. Masyarakat Sumbar ke Kepri dan sebaliknya," tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pehubung Sumbar, Andre Setiawan menyebutkan, Sumbar Expo 2017 di Batam akan diselenggarakan selama tiga hari dari 9 November 2017 sampai 12 November dan di ikuti ratusan orang terdiri dari 19 Kabupaten, 17 OPD, 9 BUMN dan Perguruan Tinggi, 65 Dunia Usaha dengan 124 stand.

"Untuk itu kita berharap Sumbar Expo akan menjadi ajang promosi Sumbar dan juga melepas rasa rindu perantau kepada kampung halamannya masing-masing," katanya.

Turut dalam pembukaan Sumbar Expo, giat pengukuhan pengurus Ikatan Keluarga Sumatra Barat (IKSB) Kota Batam dan pengurus Gema Minang Kota Batam. Penyelenggaraan Sumbar Expo 2017 juga menampilkan kebudayaan Minangkabau, seperti saluang, rabab, tari-tarian, dan lagu-lagu minang, serta kolaborasi IP Band dengan musik tradisonal.

Sebelumnya, pembukaan Sumbar Expo 2017, Gubernur Irwan juga bertemu para perantau minang yang ada di Batam, Rabu malam (8/11) di Hotel Haris. Dalam kesempatan itu, Gubernur mengajak perantau Minang yang ada di Batam untuk ikut berinvestasi dalam pembangunan dan kemajuan Sumbar.

"Saat ini Sumbar sedang gencar-gencarnya mengembangkan pariwisatanya, dan untuk mendukungnya, dibutuhkan pendukung agar pariwisata tersebut dapat berjalan lebih maksimal, dan salah satunya dukungan para perantau tentunya," tuturnya.

Selain itu, Gubernur menghadiri gelar potensi dan temu usaha Sumbar di Kota Batam yang dihadiri para calon investor, para kepala daerah Kota/Kabupaten di Sumbar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, serta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, pada gelar potensi dan temu usaha Sumbar di Hotel Harris, Batam, Kamis pagi (9/11). Dimana, jumlah investor yang hadir dalam kegiatan ini sekitar 50 orang. Ada yang dari Malaysia, Singapura, Surabaya dan Batam.

"Potensi dan temu ramah ini merupakan peluang besar untuk pengembangan usaha di Sumbar. Apalagi saat ini tengah gencar dalam mempromosikan wisata dan peluang investasi. Untuk itu Bupati dan Walikota jangan sampai mempersulit izin bagi investor dalam berinvestasi," kata Gubernur.

Wagub Kunjungi Stand dan Menutup Sumbar Expo 2017 di Batam

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Wagub Sumbar Nasrul Abit mengapresiasi kegiatan Sumbar Expo 2017 yang dilaksanakan di Batam ini. Apalagi, Kota Batam sangat dekat dengan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

"Adanya Sumbar Expo merupakan iven yang sangat bagus. Karena kita langsung dapat mempromosikan hasil produksi dan potensi daerah sehingga dapat menarik perhatian masyarakat sekaligus investor," ungkapnya dalam penutupan Sumbar Expo 2017, Minggu (12/11).

Selain itu, adanya promosi ini akan berdampak kepada peningkatan kunjungan wisata ke Sumbar. Dan, produk asal Sumbar dapat bersaing menghadapi pasar Asean dan Internasional. "Jadi kita akan dorong terus pelaku usaha di Sumbar, untuk meningkatkan kualitas dengan mengikuti kebutuhan pasar, sehingga tak kalah bersaing dengan produk negara lain," tukasnya. Disebutkan Wagub, Sumbar Expo 2018 direncanakan akan dilaksanakan di Makassar dan Medan. Untuk teknisnya nanti akan dirapatkan kembali untuk pemilihhan daerahnya. "Dimanapun daerah yang nanti akan terpilih, kita harap Sumbar Expo akan selalu sukses dan berdampak positif untuk perkembangan potensi yang ada di Sumbar, (02)






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE