padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Padang Pariaman

5 Target Ali Mukhni yang Harus Dicapai SOPD Jelang Akhir Tahun

Kamis, 09 November 2017 - 11:06:48 WIB - 2


Paritmalintang, Menyikapi hampir berakhirnya Tahun Anggaran 2017, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni memiliki lima target yang harus dicapai bersama seluruh OPD.
Hal itu ia sampaikan pada rapat evaluasi kinerja di ruang rapat bupati, IKK Parit Malintang, Rabu (8/11).

Kelima target tersebut yakni, pertama, serapan anggaran tahun 2017 harus mencapai 97%. Artinya target naik sekitar 1,5% dari tahun 2016 lalu yang serapan anggarannya mencapai 95,57%, dan menjadi yang tertinggi di Sumatera Barat.

Kedua, mempertahankan predikat laporan keuangan daerah Opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) yang telah diraih 4 kali. WTP raihan Padangpariaman tercatat tahun 2008, 2014, 2015 dan 2016.

Ketiga, pengesahan APBD 2018 tepat waktu. Artinya, sebelum masuk tanggal 1 Desember 2017 sudah disepakati oleh eksekutif bersama legislatif/DPRD.

Keempat, penilaian LAKIP 2017 dengan perolehan nilai A. Tahun lalu Padangpariaman telah meraih nilai C, namun telah dilakukan penyusunan yang lebih baik lagi sehingga akan mempertinggi skor perankingan.

Kelima, Maturitas Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah pada level 3. Karena diminta seluruh OPD yang dijadikan lokus agar proaktif dalam kelengkapan bahan yang diperlukan di bawah kendali inspektorat.

Sekretaris Daerah Jonpriadi mengatakan bahwa seluruh kegiatan OPD dipantau oleh bupati dan wakil bupati. Jika masih ada OPD yang belum mencapai target, masih diberikan kesempatan hingga dua bulan mendatang.

"Pak Bupati setiap saat memantau kinerja OPD. Contohnya serapan anggaran selalu dilaporkan setiap hari. Begitu pula dengan kegiatan fisik, pak Bupati hingga tengah malam pun akan cek langsung ke lokasi. Jadi perlu keseriusan kita semua" kata mantan Kepala Bappeda itu.

Sementara itu, Bupati Ali Mukhni memotivasi para Kepala OPD agar bekerja lebih keras dan fokus seperti yang dilakukan setiap harinya.

"Jadikan pekerjaan sebagai ladang amal sehingga kita ikhlas mengerjakannya walau sekecil apapun pekerjaan tersebut. Dalam Alquran dikatakan bahwa siapa yang bersungguh-sungguh maka dia lah yang akan berhasil. Jika Bapak dan ibu bersungguh-sungguh melayani masyarakat, maka Allah SWT akan memudahkan," sebutnya.

Orang nomor satu di Padangpariaman itu kembali mengingatkan agar OPD bekerja sesuai aturan yang berlaku agar terhindar dari jeratan hukum. Prinsip kehati-hatian agar diutamakan dan bila perlu minta pendapat hukum jika ragu dalam pelaksanaan program dan kegiatan.

"Jika ragu dalam melaksanakan kegiatan konsultasikan dengan BPK, BPKP maupun minta pendapat penegak hukum," kata Bupati yang juga Ketua DPW PAN Sumbar ini.






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE