padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Pasaman

Baznas Pasaman Salurkan Bantuan Zakat Di Kecamatan Rao

Rabu, 25 Oktober 2017 - 17:16:55 WIB - 27


PadangTIME.com - Pasaman,  Lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pasaman di bawah kepemimpinan Uztad H. Syafrizal Siq.SAg.MPd kembali menyerahkan bantuan zakat dari Baznas Kabupaten Pasaman untuk kesekian kalinya dengan jumlah yang cukup besar untuk ukuran Daerah Kabupaten Pasaman, demi membantu masyarakat Pasaman yang pada saat ini sangat membutuhkannya dan berada dalam mustahaq zakat.

Dalam pantauan Jurnalistik Kominfo Kabupaten Pasaman turut hadir dalam kegiatan itu Bupati Pasaman yang pada saat itu di wakili oleh Asisten I Kantor Bupati Pasaman H. Dalisman Darsah, Bagian Kesra Kantor Bupati Pasaman Taufiq. SAg, staf Baznas Pasaman, Camat Kecamatan Rao, Seluruh Wali Nagari Se-Kecamatan Rao, Muspika Kecamatan Rao, Tokoh-tokoh masyarakat Kampung Tongah Rao, para mustahaq zakat yang akan menerima bantuan Baznas Pasaman, Ketua FUMK Kabupaten Pasaman Yohanes, serta masyarakat Kampung Tongah, di Masjid Nurul Huda Kampung Tongah Rao, Jum’at (20/10). Yang lewat.

Sebelum penyerahan Zakat pada Muztahaq zakat Uztad H. Syafrizal.SIQ.SAg.MPd bersama Bupati Pasaman terlebih dahulu memberikan tauziayah maupun arahan bagi jamaah yang berhadir pada waktu itu.

Bupati Pasaman mengatakan waktu itu, “Kita sangat berbangga sekali dapat berkumpul pada pagi yang cerah itu di Masjid Nurul Huda Kampung Tongah Rao, di mana masyarakat Kecamatan Rao secara umum menyambut dengan keramah tamahannya yang begitu tidak dapat di uraikan lagi katanya. Secara khusus masyarakat Kampung Tongah yang sangat peduli dengan keberadaan Pasaman pada saat ini sebutnya.

Dimana Kabupaten Pasaman dengan visi dan misi Pemerintahan Bupati H. Yusuf Lubis dan Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama adalah; “Terwujudnya Kabupaten Pasaman yang Sejahtera, Pasaman Agamis, dan Pasaman Berbudaya. Sebutnya

Tentu dengan berbagai cara untuk menyukseskan visi misi tersebut di lakukan oleh pemerintah secara bersama-sama, dan demikian pula hendaknya masyarakat Pasaman menyambut baik berbagai hal yang dapat mensejahterakan, sehingga masyarakat Agamis dan Berbudaya itu dapat terlaksana dengan baik. Sebutnya Kembali

Bupati Pasaman mengingatkan, “Kepada Kepala Jorong, Wali Nagari sangat di harapkan menjadi contoh suritauladan di tengah-tengah masyarakat dalam hal agama. Dimana kekuatan agama itu tinggi disitu kesejahteraan dari masyarakatnya akan semakit terlihat lebih, dari pada pemimpin dan masyarakat yang lemah nilai-nilai keimanannya.

Sebagai contoh Bupati Pasaman menggambarkan, pada hari ini oleh Baznas Pasaman telah mengumpulkan sejumlah Zakat di Kecamatan Rao ini lebih kurang Rp 144 jutaan, sementara yang akan di salurkan lebih dari itu Rp 188 jutaan, terhitung dari bulan Januari sampai bulan september 2017 ekspos Bupati Pasaman pada saat pemberian arahan sebelum penyerahan bantuan Baznas berlangsung.

Bahkan Bupati Pasaman menambahkan, “orang-orang yang menyalurkan zakatnya dari kecamatan Rao itu adalah pertama sekali adalah mereka yang ASN dan orang yang memiliki kesadaran dan ketakwaannya kuat, sehingga dapat mengumpulkan zakatnya pada Baznas Pasaman.

Di harapkan sungguh Kata Bupati Pasaman, kedepan kesadaran untuk menyalurkan zakat malnya itu pada Lembaga Baznas Pasaman yang sehingga dapat di distribusikan pada mereka yang membutuhkan sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Saw.

Bahkan Bupati Pasaman kembali mempertanyakan seolah menirukan Uztad yang sedang bertauziyah, Bapak Ibuk yang berhadir, kira-kira Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) yang kita keluarkan selama ini apakan mengurangi harta kita, atau bertambah..? dengan bersamaan jamaah menjawab,”Bertambah” kalau demikian mari sama-sama kita salurkan zakat mal kita pada Baznas Pasaman yang peruntukannya itu adalah untuk saudara-saudara kita masyarakat Pasaman yang berhak menerimanya. Sebutnya seraya membuka acara penyaluran zakat pada jumat pagi itu dengan penuh kekeluargaan, antusias dan semangatnya karena jamaah yang berhadir sangat banyak.

Selebihnya Ketua Baznas Kabupaten Pasaman Uztad H. Syafrizal. SIQ. SAg. M.Pd yang tidak asing lagi bagi masyarakat Rao secara umum, masyarakat Kampung Tongah secara khusus dengan penuh kerinduan akan tauziyah yang akan di sampaikan oleh Uztad H. Syafrizal mengatakan,”Orang-orang yang paling di berkati oleh Allah Swt adalah mereka yang selalu bersyukur kepada Allah Swt seperti yang di sampaikan oleh Allah dalam Al-Qur’an Surat Ibrahim ayat 7 sebutnya, dengan nada menyeru.

Dan orang-orang yang selalu di makmurkan oleh Allah akan rezkinya adalah mereka yang selalu mengeluarkan zakatnya, karena zakat itu adalah untuk membersihkan harta kita, sebut Uztad Syafrizal, sekaligus dengan zakat itu juga mengundang rezki-rezki yang lain dari sisi Allah yang tidak berpintu.

Dan adapun orang yang berhak menerima zakat itu adalah berdasarkan firman Allah dalam Al-qur’an bahkan sekarang telah di tetapkan pula undang-undang yang mengatur tentang zakat itu sehingga arah dari penggunaan dari zakat itu dapat lebih di perluas seperti contohnya; untuk bedah rumah bagi mereka yang fukoro dan masakin. Sebutnya dengan semangat.

Pada hari ini masyarakat Kecamatan Rao dapat bantuan dari Baznas Pasaman cukup banyak melebihi dari zakat yang telah terkumpul dari Rao sendiri. Sebutnya lagi.

Sambil menyampaikan penerima zakat itu Uztad H. Syafrizal menyampaikan tauziyahnya dengan topik “Mengapa Harus Berzakat” seraya menyerahkan buku karyanya sendiri melalui Bupati Pasaman kepada pengurus Masjid di tempat itu, yang berjudul “Mengapa Harus Berzakat”

Adapun penerima zakat pada kesempatan itu adalah untuk beasiswa 33 orang penerima, biaya berabat 4 orang penerima, KKM 31 orang penerima, modal usaha 48 orang penerima, untuk jompo 46 orang penerima, bedah rumah 2 orang penerima. Dan sebelumnya juga telah di serahkan zakat dari Baznas Propinsi Sumatera Barat sebanyak Rp 50 juta dengan 25 orang penerima ulasnya.

Jadi jumlah zakat yang di keluarkan olah Baznas Pasaman dan Baznas Propinsi Sumatera Barat dalam tahun 2017 ini kata Uztad H. Syafrizal berjumlah 189 kepala keluarga.

Oleh karena itu ajak uztad Syafrizal, semakin banyak kita menyalurkan zakat pada lembaga Baznas Pasaman maka semakin banyak pula karib-kerabat kita dapat terbantu dan semakin tercapai apa yang disebut dengan visi misi pemerintah daerah yaitu Pasaman Sejahtera, Pasaman Agamis dan Pasaman Berbudaya itu.

Bahkan katanya masyarakat kita semakin makmur Baldatun toibatun warobbun qafur, seraya menutup tauziyahnya dan membagikan bantuan zakat pada penerima yang telah berhadir bersama kru Baznas Pasaman di Masjid Nurul Huda Kampung Tongah Rao pada waktu itu.
. (01/Afzal)*






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE