padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Pasaman

Pemkab Pasaman Adakan Sosialisasi Forum Masyarakat Peduli Ibu Hamil

Senin, 23 Oktober 2017 - 12:36:26 WIB - 23


PadangTIME.com - Pasaman, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman melaui Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Bidang Kesehatan Ibu dan anak Dwi Hadiah Sosialisasikan Forum Masyarakat Peduli Ibu Hamil di wilayah Puskesmas Lubuk Sikaping.

Dari pantauan Jurnalistik Kominfo Pasaman tampak hadir dalam acara itu, Kepala Dinas Kesehatan Amdarisman.SKM,MKes, dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Narasumber Dr Dolly Nurdin Lubis SP.Og, Kabid Kesehatan Ibu dan Anak Dwi Hadiyah, perwakilan Kantor Kementerian Agama Pasaman Edi Ridwan, Camat Kecamatan Lubuk Sikaping, Kapolsek Kecamatan Lubuk Sikaping, Kepala Puskesmas dan Kepala KUA Lubuk Sikaping, Wali Nagari dan Ketua TP PKK Nagari, KAN, Da’i Nagari, Bundo Kanduang, serta undangan lainnya di Aula lantai II Puskesmas Lubuk Sikaping, Kamis (19/10).

Bupati Kabupaten Pasaman yang di Wakili oleh Staf Ahli Bupati Pasaman Desrizal.SKM.MKes, mengatakan,”Indonesia pada saat ini masih mempunyai banyak tantangan dan upaya pelayanan kesehatan Ibu dan anak, pelayanan kesehatan reproduksi dan pemenuhan hak-hak reproduksi, hal ini dapat di lihat dari data survei pendduduk Antar Sensus (SUPAS) tahun 2015 yang mana masih tingginya angka kematian Ibu (AKI) yaitu 305 per 100.000 Kelahiran Hidup dan Angka Kematian Bayi (AKB) yaitu 23 per 1.000 Kelahiran Hidup serta masih rendahnya status kesehatan perempuan. Upaya untuk meningkatkan status kesehatan perempuan harus di laksanakan bukan hanya setelah terjadi kehamilan, Saran Bupati Pasaman waktu itu.

Tetapi harus di laksanakan lebih ke hulu lagi yaitu sejak masa remaja, dewasa muda atau calon pengantin (CATIN) dan Wanita Usia Subur (WUS).

Bupati Pasaman juga menyarankan penanganan masaalah kematian ibu dan bayi tidak bisa hanya di tangani oleh sektor kesehatan, maka di perlukan kemitraan yang efektif, melalui kerjasama lintas program, lintas sektor dan mitra lainnya, serta masyarakat untuk mencapai tujuan bersama yaitu menurunkan jumlah kasus kematian ibu dan bayi di Kabupaten Pasaman umumnya dan di Puskesmas Lubuk Sikaping secara Khusunya.

Ia juga mengatakan, untuk mencegah terjadinya kematian ibu hamil dan anak baru lahir salah satu terobosan Dinas Kesehatan yang di laksanakan oleh Puskesmas Lubuk Sikaping bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama Kecamatan Lubuk Sikaping adalah Pemberian Konseling, Informasi dan Edukasi (KIE) Kesehatan Reproduksi pada Calon Pengantin (CATIN).

Dengan adanya terobosan kegiatan itu, Bupati Pasaman harapkan calon pengantin dapat mempersiapkan diri menjadi Pasangan Sehat Bahagia dan sejahtera (pasangan SIAGA). Suksesnya kegiatan ini kata Bupati Pasaman, tentunya tidak terlepas dari kontribusi pihak lainnya seperti Camat, Danramil, Kapolsek, Ketua TP PKK Kecamatan, Wali Nagari dan Ketua TP PKK Nagari, Ketua KAN, Bundokanduang, Da’i Nagari, dan Ketua Forum Usaha Mikro Kecil Menengah, Kecamatan se-Wilayah Puskesmas Lubuk Sikaping yang tergabung dalam forum masyarakat peduli ibu hamil di wilayah Puskesmas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman periode 2017 – 2020 yang akan kita kukuhkan pada pertemuan ini.

Dan dengan membacakan Bismillahirrahmanirrahim Acara Sosialisasi Forum Masyarakat Peduli Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman periode 2017 – 2020 saya nyatakan di buka. Kata Bupati Pasaman.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman dalam kata sambutannya mengatakan, “penyebab kematian ibu yang cukup komplek, melatar belakangi munculnya ide untuk membentuk Forum Masyarakat Peduli Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman periode 2017 – 2020 yang di tetapkan oleh Bupati Pasaman. Sedangkan serangkaian acara yang di selenggarakan pada hari itu adalah pembukaan, pembacaan qalam Illahi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman oleh Amdarisman,SKM.M.Kes, Sambutan Bupati Pasaman di Wakili oleh Staf Ahli Bupati Pasaman Desrizal, SKM.M.Kes, Penyerahan Sertifikat pada pasangan Catin, terakhir Do’a dan penyampaian materi perlindungan ibu hamil dan pencegahan kematian bayi baru lahir oleh Dr Dolly Nurdin Lubis. SP.Og (01)






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE