padangtime
facebook instagram twitter google plus
DPRD

Kadis Pertanian Pasaman: Program Pemerintah Pusat Melalui Kementerian Pertanian RI Percepat Swasemba

Selasa, 05 September 2017 - 18:24:03 WIB - 35


PadangTIME.com, ---- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman Ir.Yosvarman, MM didampingi Sekretaris Dinas menerima kunjungan Koordinator Daerah GEMPITA Pasaman Hendra Bagindo Ratu, Sekretaris Umum Zulkifli Rahman, Kabid Kampanye dan Advokasi Refy Liem Tanjung untuk mengantarkan berkas permohonan penerbitan CP CL ketiga kelompok Tani yaitu Kamboja, Ayo Maju Bonjol dan Beringin Wana Lestari di Lubuk Sikaping.

Kami dari dinas Pertanian  Kabupaten Pasaman akan mensegerakan verifikasi pemberkasan CP CL ketiga kelompok tani tersebut dengan luas lahan tidur lebih kurang 428.5 hektar lahan itu terletak di kanagarian Ganggo Hilia dan Ganggo Mudiak serta  Lubuak Sikaping.

Program pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian RI percepatan Swasembada pangan untuk Kegiatan Gerakan Pemuda Tani Indonesia
GEMPITA Kabupaten  Pasaman di harapkan saling bersinergi dengan Forkopimda Kabupaten Pasaman berupaya dapat menentukan Calon Petani/Calon Lahan CP/CL.
Kawasan lahan tidur yang akan dijadikan lahan jagung itu adalah tanah hak milik,tanah ulayat yang telah disyakan oleh ninik mamak tidak dalam kawasan hutan lindung dan cagar alam,ungkapnya.

Selain itu Koordinator Wilayah  Korda Gerakan Pemuda Tani Indonesia GEMPITA, Sumatera Barat Nurkhalis Kanti, datang langsung ke Bonjol ia mengatakan kepada Koordinator Daerah Kabupaten Pasaman Hendra Bagindo Ratu di dampingi Sekretaris Umum Zulkifli Rahman, untuk kelompok tani.ia menyampaikan dengan penuh keyakinan kita petani  ini nantinya akan sejahtera nama  Pemda Pasaman semakin besar di tingkat Nasional.

Setiap kelompok tani nantinya di bantu bibit,pupuk,racun hama, dan pengolahan lahan akan kita turunkan mesin traktor Zonder, ucapnya.

Koordinator GEMPITA Pasaman berharap rencana strategis dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian ini mendapat dukungan penuh dari Pemda Pasaman karena pasar kebutuhan jagung untuk provinsi Sumatera Barat masih kurang, kebutuhan jagung Sumbar pertahun adalah  sebanyak 300.000 ton sementara produksi jagung lokal  masih 70.000 ton jadi masih ada kebutuhan 230.000 ton yang nantinya akan bisa dipenuhi oleh petani jagung di Sumbar termasuk Pasaman memiliki lahan potensial akan segera dijagungkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut semua itu tidak akan dapat dicapai tanpa adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pasaman,ujar Nurkhalis Kanti.

Nurkhalis Kanti  menambahkan untuk GEMPITA Pasaman, kita dari Korwil GEMPITA Sumbar tahun ini memberikan kuota 8.000 hektar untuk bermitra dengan kelompok tani karena target yang diberikan oleh Dinas Pertanian Sumbar untuk GEMPITA adalah 80.000 hektar.(nt)







Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE