padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kota Pariaman

Mukhlis Rahman “Hari Raya Idul Adha, Momentum untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial

Jumat, 01 September 2017 - 19:44:25 WIB - 143


PadangTIME.com Kota Pariaman ,Dengan Hari Raya Idul Adha (Hari raya Qurban) merupakan momentum yang tepat bagi kita semua, untuk mengasah keiklasan dan kepedulian sosial terhadap sesama serta membangun kualitas sebagai pribadi yang sabar, tahan uji dan tegar menghadapi cobaan kehidupan.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada pelaksanaan Sholat Idul Adha 1438H/2017M, bertempat di Balaikota Pariaman, Jum’at (1/9).

“Ada 3 inti pokok makna dalam berkurban pada idhul adha yaitu yang pertama untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berkurban itu berarti kesungguhan manusia dengan menyerahkan segalanya kepada Allah sang pencipta,” ucapnya

Kedua, dengan cara berkurban, manusia tersebut diajarkan untuk berbagi kepada mukmin lainnya dan yang ketiga adalah dengan berkurban keikhlasan dari manusia itu pasti diuji, diuji dari sifat rakus dan tamak akan harta dunia yang mereka senangi.

“Dapat disimpulkan bahwa berkurban sangat bermanfaat dalam memupuk rasa empati, melatih diri menjadi orang dermawan, meningkatkan ketaqwaan pada Allah SWT, bekal pahala dihari akhir, membangun solidaritas, keberkahan dalam rezki, menghindarkan diri dari sikap tamak, menjaga silaturahmi dan memenuhi kebutuhan gizi masyarakat miskin,” tuturnya.

Lebih lanjut Mukhlis menyatakan bahwa dengan terjadinya Gempa 6,2 SR, yang mengguncang Kepulauan Mentawai yang gunjangannya sangat keras terasa sampai Kota Pariaman, berarti kita sedang diuji oleh Allah SWT, apakah kita betul-betul dapat kembali menjadi hambanya yang taat.

“Karena itu, saya tidak akan pernah berhenti untuk mengajak masyarakat dalam meramaikan mesjid, menggelar sholat berjamaah dan membaca al qur’an, melalui magrib mengaji dan subuh mubarokah, karena hanya dengan meningkatkan diri kita pada sang khalik, insyaallah, apapun bentuk bencana, akan dihindarkan oleh Allah SWT,” tukasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa pembangunan kota pariaman pada saat ini sudah menampakan hasil yang sangat mengembirakan, tentu tak lepas dari kerjasama dari semua pihak, tanpa adanya kerjasama yang sinergis diantara seluruh komponen, baik pemerintah, DPRD dan masyarakat, niscaya program-program pembangunan dan kemajuan yang kita cita-citakan tidak akan terwujud dengan baik.

“Untuk itu, saya atas nama Pemerintah Kota Pariaman dengan segala keterbatasan yang ada ingin mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat agar terus berpartisipasi secara aktif dalam rangka menyukseskan berbagai program dan kebijakan yang ada demi terwujudnya Kota Pariaman yang Maju dan Sejahtera,” tutupnya.

Pada Hari raya qurban kali ini, Kota Pariaman akan menyembelih sebanyak 598 ekor hewan Qurban, dengan jumlah peserta qurban 4.130 orang , dan penerima daging qurban sebanyak 26.662 orang.

Bertindak selaku Khatib dalam Sholat Idul Adha 1438H/2017M di Balaikota Pariaman ini, bapak Eka Putra Wirman, Rektor UIN Imam Bonjol Padang.
 
Shola ied ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar beserta keluarga, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Ketua PHBI yang juga Sekdako Pariaman Indra Sakti beserta keluarga, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah, Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur dan jajaran, Kepala OPD, Kabag, Camat dan ribuan masyarakat yang hadir di balaikota pariaman, beserta petugas kepolisian, Dinas Perhubungan dan Satpol PP yang mengatur dan mengamankan pelaksanaan sholat ied ini. (J)






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE