padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kota Solok

Wako Solok Canangkan Germas Hidup Sehat

Sabtu, 26 Agustus 2017 - 22:33:29 WIB - 167


PadangTIME.com  - Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian mencanangkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat di SMK Negeri 1 Kota Solok, Rabu 23 Agustus 2017.  Perilaku hidup sehat harus kita budayakan sejak dini, dan tentu dimulai dari diri dan lingkungan keluarga agar tercipta keluarga yang sehat dan berkualitas serta sejahtera," ungkap Wako Solok.

Perilaku hidup sehat, menurut Zul Elfian, mencakup beberapa hal terutama rutinitas berolahraga, menjaga pola makan dan melakukan cek kesehatan secara berkala di fasilitas kesehatan yang ada. Perilaku hidup sehat tak lepas dari sebuah upaya mencegah berbagai penyakit yang tak diintinkan.

Ia menjelaskan, budaya hidup sehat menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan derajat kualitas hidup masyarakat. Secara bersama-sama, seluruh komponen masyarakat dan perangkat daerah dituntut ikut aktif secara sadar dan penuh kemauan untuk berperilaku hidup sehat.

Di hadapan petugas kesehatan dan kader, Zul Elfian juga kembali menyorot kebiasaan merokok yang sudah menjadi budaya di tengah-tengah masyarakat. Selain membahayakan kesehatan, rokok menjadi salah satu pengeluaran yang cukup besar di setiap rumah tangga kurang mampu.

"Kadang biaya yang dikeluarkan untuk membeli rokok yang notabenenya mengandung zat berbahaya bagi kesehatan tubuh, malah lebih besar dari biaya kebutuhan pangan setiap bulannya," terang Zul Elfian dihadapan Kader dan undangan yang hadir.

Untuk itu, beberapa waktu terakhir ini, Pemerintah Kota (Pemko) Solok menginisiasi untuk memberikan penghargaan berupa piagam dan juga uang tunai bagi keluarga kurang mampu yang mau berhenti mengkonsumsi rokok. Hal ini diharapkan bisa menjadi salah sat motivasi bagi masyarakat.

"Coba kita bayangkan, seorang perokok bisa menghabiskan 1 hingga 2 bungkus rokok sehari, sebungkus rokok dengan harga kisaran 20 ribu saja, sudah berapa biaya yang dikeluarkan satu bulannya hanya untuk rokok yang terbilang tidak membawa dampak positif untuk kesehatan," bebernya.

Mari budayakan malu merokok, ajak Zul Elfian, bahkan belajar dari negara tetangga seperti Singapura, masyarakatnya sudah malu merokok didepan umum dan kadang orang yang meroko dianggap sebagai orang yang primitif. Perilaku hidup yang sangat sehat dan patut ditiru.

Di hadapan Kadis Kesehatan Kota Solok, Wako menegaskan, dirinya tidak ingin gerakan yang dicanangkan tersebut hanya dijalankan setengah-setengah saja sehingga hasilnya tidak maksimal. Lakukan dengan penuh keseriusan dalam mengajak masyarakat untuk mementingkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Pencanangan tersebut ditandai dengan pelepasan balon Germas Hidup Sehat yang dilepas lansung oleh Wako Solok. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Kartu Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato kepada penerima di tiap kelurahan serta penandatangan komitmen bersama dukungan Germas hidup sehat.

Turut hadir dalam pencanangan tersebut Ketua GOW Ny. Elfia Reinier, Kacab BPJS Cabang Solok Rizka Adhiati, sejumlah pimpinan OPD dan undangan lainnya. Acara yang diawali dengan bersama itu ditutup dengan deteksi dini IVA bagi wanita yang telah menikah.








Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE