padangtime
facebook instagram twitter google plus
Daerah

Keberadaan Pabrik Sawit Di Daerah Berpengaruh Pada Harga Sawit

Sabtu, 29 Juli 2017 - 17:33:14 WIB - 253


PadangTIME.com -  Setelah Dinas  Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan melakukan penjajakan ke petani dan sulit untuk menemukan lahan seluas 1.200 hektare untuk dijadikan plasma. Sebab, pemodal harus butuh jaminan plasma sawit untuk bahan olahan perusahan,Jumsu Trisno mengatakan, luas lahan kelapa sawit yang mencapai 70 ribu hektare seharusnya bisa menampung banyak pemodal pabrik. Namun, kondisi itu sulit terlaksana akibat tidak menemukan lahan untuk pemodal yang tertarik berinvestasi.

"Saat ini hanya ada empat pabrik kelapa sawit atau PKS. Sementara luas lahan kelapa sawit di Pessel mencapai 70.000 hektare, tentu saja tidak ada persaingan antar pabrik untuk mendapatkan TBS, akhirnya harga TBS murah," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Jumsu Trisno  Jumat 28 Juli 2017.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengaku tidak bisa mengintervensi tekanan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit tingkat petani dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS). Sebab, persoalan tersebut diakibatkan karena minimnya keberadaan pabrik di daerah itu.

Lanjutnya, selisih harga jual TBS sawit petani ditingkat perusahaan di daerah itu mencapai Rp1.000 per-kilogram setiap kali panen dari harga pasaran. Namun, kondisi tersebut tidak bisa diintervensi Pemkab dengan alasan minimnya keberadaan perusahaan di daerah itu.

"TBS produksi kebun plasma sesuai kesepakatan harga pekan kemarin Rp1.800 namun harga TBS kebun rakyat hanya Rp800," pungkasnya.(02)








Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE