padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Kepulauan Mentawai

Penyuluh Kebencanaan Mentawai, Ikuti Pelatihan Interaksi Disabilitas

Jumat, 24 Februari 2017 - 22:14:20 WIB - 192


PadangTIME.com – Total empat belas (14) orang regu penyuluh kebencanaan Desa Sipora Jaya dan Goiso’oinan ikuti pelatihan etika berinteraksi dengan disabilitas yang diadakan oleh Arbeiter Samariter Bund (ASB) di kantor ASB JL. Raya Tuapeijat KM 6, Mentawai, pada Rabu (22/2).

Regu penyuluh terpilih dari 7 Dusun, mendapat pelatihan untuk mewujudkan program Pengurangan Risiko Bencana (PRB) inklusif yang di lakukan oleh lembaga ASB dan Badan Pencegahan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai. Pelatihan dengan tema, Disability Awareness and Washington Group Question ini, bertujuan supaya aspirasi dan keterlibatkan penyandang disabilitas dalam program PRB dapat digali oleh Regu Penyuluh yang sudah dilatih.

Selain itu, Regu Penyuluh kedepan akan menjadi perpanjangan tangan dari ASB dan BPBD Mentawai untuk mensosialisasikan penanggulangan bencana di setiap rumah dampingan kegiatan ASB dan BPBD Mentawai, termasuk juga memastikan keterliban penyandang disabilitas dalam program ini ucap Erkanus Salimu selaku Field Fasilitator ASB kepada Sumbartoday.com. Hal ini juga sejalan dengan Peraturan Kepala BNPB No 14 tahun 2014 tentang Penanganan, Pelindungan, dan Partisipasi Penyandang Disabilitas dalam Penanggulangan Bencana, tau yang lebih dikenal dengan istilah Mandat Inklusi BNPB.

Sejalan dengan rencana jangka panjang BPBD Mentawai yang sedang menyusun rencana Jambore tingkat Kabupaten Mentawai. Jambore kedepan akan melibatkan seluruh perwakilan-perwakilan relawan tingkat desa dan dusun dampingan Lembaga ASB dan BPBD Mentawai yang sebelumnya, acara ini diadakan supaya relawan-relawan terdahulu yang telah terbentuk dapat terus aktif dan terlembaga, ucap Yusuf Hadisumarto selaku Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Mentawai.


Kedepan, pelatihan yang telah dilakukan diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk upaya pengurangan risiko bencana bagi kelompok rentan, khusunya bagi disabilitas di Kepulauan Mentawai. Malainge Mentawai






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE