padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Kepulauan Mentawai

Saksi Rijel-Binsar Menolak Menandatangani Model DB1-KWK Pilkada Mentawai 2017

Jumat, 24 Februari 2017 - 22:09:05 WIB - 203

PadangTIME.com - Mentawai,Saksi pasangan nomor urut 2, Rijel Samaloisa-Binsar Saleleubaja, menolak menandatangani berita acara model DB1-KWK dalam penetetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilkada Mentawai 2017. Sementara saksi lainnya, pasangan nomor urut 1, Yudas Sabaggalet-Kortanius Sabeleake, menandatangani berita acara tersebut bersama dengan lima komosioner KPU Mentawai.

Menurut saksi pasangan nomor urut 2, AK Robertyl Saogo terdapat temuan pelanggaran yang sudah dilaporkan kepada Panwaslih Kabupaten Kepulauan Mentawai.  

“Sesuai dengan hasil rekap tadi, kami ada empat orang saksi sudah sepakat bahwa masih ada masalah yang belum terselesaikan. Adanya sengketa atau temuan dan itu sudah diserahkan ke Panwaslih,” kata AK Robertyl Saogo.

Pelanggaran yang dimaksud Rober terjadi di Desa Madobag Siberut Selatan, Desa Bosua Sipora Selatan, Pagai Selatan dan Pagai Utara. Di Desa Madobag, katanya, ada pemilihan berulang-ulang, kemudian pemilih di bawah umur, intimidasi dan pemukulan.

“Di Desa Makalo, Kecamatan Pagai Selatan, ada mobilisasi oleh camat memakai fasilitas negara, di Desa Betumonga, Kecamatan Pagai Utara ada money politic. Kita punya data uangnya di plastik, di Purourougat, Pagai Selatan ada stiker yang satu stikernya jelas mirip surat suara cukup lambang pemda dan lambang KPU hanya saja gambarnya ada satu pasangan saja. Hal yang sama juga dtemukan di Betumoga, di wilayah Desa Saumanganya di Guluguluk sampai ke Mapinang,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lazuardi  menjelaskan, saat ini masih menunggu hasil verifikasi. Sesuai aturan, keputusan Panwaslih keluar setelah lima hari.  

Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai tahun 2017 dalam Rapat Pleno Terbuka berlangsung kemarin (23/2), dihadiri oleh kedua saksi pasangan calon, Panwaslih, Kapolres, Dandim, Lantamal, Kajati, Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, KPU Provinsi Sumatera Barat, PPK dan Panwascam. Pleno rekapitulasi hasil penghitungan tersebut menetapkan, Yudas Sabaggalet-Kortanius Sabeleake, memperoleh suara 54,84 persen atau 22.805 suara. Sementara, Rijel Samaloisa-Binsar Saleleubaja memperoleh suara 45,16 persen atau 18.782 suara.

Partisipasi pemilih 80,09 persen atau 41.994 orang dari 52.436 Pemilih, melebihi target secara Nasional yg ditetapkan KPU RI sebesar 77,5 persen. Partisipasi pemilih perempuan 80,51 persen lebih tinggi dari partisipasi pemilih laki-laki sebanyak 79,70 persen.






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE