padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Solok Selatan

AWALI TAHUN 2017 MITRA KERINCI KENALKAN TEH MELALUI RAGAM BUDAYA WIWITAN PETIK DAN PERESMIAN KANTOR

Jumat, 06 Januari 2017 - 18:31:34 WIB - 111


PadangTIME.com - Solok Selatan, 6Januari 2017, Mengawaliawaltahun 2017, DirekturPengembangan Usaha danInvestasiAgung P MurdanotomewakiliDirekturUtamaPT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)B. Didik Prasetyo,bersamaDirektur PT MitraKerinciYosdian Adimelaksanakanwiwitanpetiksebagaisimbolpetikantehpertamatahun 2017.Padakesempatantersebut, seluruhkaryawanberdoabersamaatasanugerah yang telahdiberikan Allah SWT danberharaptahun 2017 berkahproduksilebihbaiklagi.

Sebelummemulai acara prosesiwiwitan, DirekturPengembangan Usaha danInvestasi PT RNI memberikanwejangankepadaDireksi PT MitraKerincidanseluruhkaryawan yang hadir. Berbagaiupayainovasi yang membawaperubahandrastisperusahaanuntukmenjadi BUMN tehterbaik di Indonesia agar konsistendijagadandilanjutkan. Sesuai motto perusahaan “LikiJuara!!” PT MitraKerincitahuninimampumenciptakanrekorlabaperusahaantertinggisepanjang 26 tahunperusahaanberdiri, dengandiikuticapaianangkapenjualanmendekati 70 Milyar yang juga merupakanangkapenjulantertinggisemenjakperusahaanberdiri.Dengancapaianproduksi 18.804 ton pucukbasahdenganproduktivitas 4.2 ton per Ha.Menurut Agung, Direksidankaryawanmembuktikanmampumelanjutkantatananperubahan yang telahdilakukandireksidireksisebelumnya, dengancapaiankinerja “moncer” tahunini. Namun Agung juga berpesan, agar direksidankaryawantidakberpuasdirisaatini. Seranganjamurakartiaptahunterusbertambah, direksi agar memperhatikanhalini. Langkahberanipembongkarandanpembibitanbaruharusterusdilakukandengankonsisten.

DihadiriolehKetua DPRD Solok Selatan ShidiqIlyasdanutusankhususbupatiSolok Selatan, dalamsambutannyaketua DPRD berharap agar acara WiwitanPetikTehinimenjadi even wisatabudaya di Solok Selatan Sumatra Barat. Even inidiharapkanmenarikwisatawandatangberkunjungdanmemperkenalkankebunLikikepadamasyarakat.ShidiqmengatakanbahwaperkebunanmitrakerinciinimerupakankebanggaanSolok Selatan karenamulaiberdirisemenjakjamankolonialdanmenjadiindustripadatkarya di Solok Selatandenganjumlahkaryawanlebihdari 1.500 orang. Denganluas areal mencapai 2.025 Ha arealkebuntehinimenjadiparuparupenyediaoksigen di wilayah Sumatra Barat. Shidiq juga mengapresiasilangkahberaniDirektur PT MitraKerinciYosdian Adi yang mampumembalikkondisiperusahaandariterusmenerusmerugisepanjang 20 tahunlebihmenjadiperusahaan yang mampumembukukanlaba 4 tahunini. Diakhirsambutannya, Shidiqmemberipesan agar sinergi antara MitraKerinci, pemerintahdaerahdanmasyarakatsekitardapatberjalandenganbaik. Adanyalangkahintegrasisapi-tehdengannilai 1 Milyaryang telahdilakukandirekturdanmanjementahuninidiharapkanmampumeningkatkankesejahteraandanmendorongperekonomianmasyarakatSolok Selatan.

Artiwiwitanpetiksendiriberartimemetikpertama kali. RangkaianWiwitandiawalidenganprosesipenamananpohontehpilihan, dilanjutkanmemetiktehpertama kali dandiakhiridenganpenyajianteholehDirekturkepadaseluruhtamuundangan. Digabungkandenganbudayaluhurlokalmiripdenganpembangunansebuahrumahgadang, ketuaadatakanmemilih “tonggaktuo” yang akandijadikansebagaipenyanggautamasebuahrumahminang. Prosesipemilihantonggaktuosendiri juga dilakukanbergotong royong di hutandankemudiandisimpandidalam air selamabeberapatahun. Di acara wiwitan, bibitteh yang akanditanampertama kali oleh orang orang yang dituakan di perusahaan, disiapkankhususdarikebunterbaikdanditanamanpada areal pilihan. PenanamanbibittehtahuninidilakukanolehDirekturPengembangan Usaha PT RNI, Direktur PT MitraKerinci, Ketua DPRD, ulamadansesepuhdidaerahkebunLiki. Setelah acara penanamanselesai, seluruhpimpinandankaryawanberdoabersama agar tanaman yang ditanamanmampumenjaditanamanproduktif yang akanmenjagaeksistensiperusahaanselama 100 tahunkedepan. Acara inidilanjutkandenganprosesibudayasileklunjua, tariwiwitanpetikdantaritariandarisemuasuku yang ada di kebunLiki. Mulaidaritaritariandarijawabarat, jawatengah, minang, Sumatra Utara, Niasdanbeberapataritarianlainnyadihadirkandalam acara ini.

Setelahmelakukan acara wiwitanpetik, DirekturPengembangan Usaha danInvestasibesertaKetua DPRD Solok Selatan ShidiqIlyasmeresmikankantor PT RajawaliLikiEnergi di kebunLikiSolok Selatan. Kantor iniresmiberoperasiuntukmewujudkanproyeksinergi BUMN antara PT Rajawali Nusantara Indonesia dengan PT BrantasAbipraya. Padasambutannya, Agung P Murdanoto berpesandenganpercepatanpembangunanproyekpembangkitlistrik mini hydro dengandaya 15,6 MW inidiharapakanpermasalahankelistrikan di sekitarSolok Selatan dan Sumatra Barat dapatteratasi.Denganketersediaanlistrik yang memadai, diharapkantingkatperekonomian di wilayahSolok Selatan dapatterangkatlagi. Ketua DPRD Solok Selatan dalamsambutannya juga mengingatkan agar proyekiniselainmenghasilkanlistrik juga dapatmeningkatkanaruswisatawan yang masukkeSolok Selatan, agar masyarakatsekitar juga dapatmenikmatimanfatekonomisdariadanyapembangkitlistrikini. Sementaraitu, Direktur PT RajawaliLikiEnergi, Ondi, mengatakansaatini progress pembangunansedangdalamtahapnegosiasidengan PLN selakupihakpembelilistrik. Diharapkan proses initidakterlalu lama sehinggadapatsegeralanjutkedalam proses konstruksi.

Dengandiawaliniat yang baik, semogarencanaperusahaan di tahun 2017dapatterwujuddenganbaik. Tekadperusahaanuntukmeningkatkanlabadankesejahteraankaryawandapatterwujuddenganlancar.





Tentang PT Mitra Kerinci
PT. Mitra Kerinci merupakan anak perusahaan PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang mengelola sekitar 2.025 hektar Perkebunan dan Pabrik Pengolahan Teh Liki di Sangir, Solok Selatan, Sumatera Barat.
Perkebunan Liki pertama kali dibangun oleh Kolonial Belanda pada tahun 1940dandikelolamenjadianakperusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) mulaitahun 1990. Karakter tanahnya yang unik, berada di antara zona kering dan basah pada ketinggian 600 – 1100 m di atas permukaan laut, membuat teh dari perkebunan Liki memiliki kualitas yang tinggi , quick brewing, kadar tannin yang tinggi, seduhan warna yang menarik dan dengan karakter rasa sepet yang kuat.
Teh hasil dari perkebunan Liki memiliki komposisi tannin terbesar dibanding seluruh perkebunan teh lainnya di Indonesia, yaitu sebanyak 18%. Tannin ini merupakan zat anti oksidan yang tinggi sekaligus memperkuat rasa teh itu sendiri.
Kini perkebunan teh Liki berhasil menghasilkan 18 juta Kg daun teh segar setiap tahunnya yang diolah menjadi 5 juta Kg teh untuk kebutuhan dalam dan luar negeri. Dengan kapasitas produksi sebanyak 75 ribu Kg teh hijau per hari, Perkebunan Teh Liki merupakan penghasil teh hijau terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara.






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE