berita padang - berita sumbar - padangtime anul travel
 
HUKUM

AKBP Dwi Sulistyawan: 282 Orang Tewas di Jalan Raya Sumbar

Jumat, 12 Juli 2013 - 22:15:37 WIB

Pengemudi Sepeda Motor Yang Tidak Berhati hati yang Berakibat Kecelakaan

PADANG TIME, Padang - Tingginya angka  Kecelakaan lalulintas merenggut 282 nyawa. Korbannya pengendara sepeda motor, pejalan kaki dan pengemudi serta penumpang kendaraan roda empat Angka kematian tersebut akibat dari 1.321 kasus kecelakaan di wilayah hukum Polda Sumbar, yang tercatat dari Januari hingga Juni 2013. Hal ini dikatakan Kasubdit Bin Gakkum Polda Sumbar, AKBP Dwi Sulistyawan, dijelaskan selama enam bulan ini, telah mengakibatkan luka berat sebanyak 665 orang, luka ringan 1.587 orang. Sementara total kerugian material mencapai Rp3 miliar lebih.

Berdasarkan cacatan, jumlah kecelakaan 2013 itu sudah terjadi penurunan dari kecelakaan tahun sebelumnya.

Ditambahkan Dwi Sulistyawan , kecelakaan lalulintas ini pada umumnya terjadi pada kendaraan roda dua, sisanya kendaraan roda empat dan pejalan kaki. Penyebabnya diduga kelalaian pengendara atau pengemudi. Selain itu kurangnya kesadaran atau beretika dalam mengendarai kendaraannya di jalan raya.

Pada tahun lalu, kecelakaan sebanyak 3.198, meninggal dunia sekitar 685, luka berat 1.638 dan luka ringan sekitar 3.554. Kerugian material Rp9 miliar lebih.

Pada tahun 2013 kemungkinan adanya penurunan kasus kecelakaan di wilayah Sumbar, kata Dwi.

Saat ini pihaknya menggelar Operasi Patuh 2013 yang dimulai 4 hingga 17 Juli 2013. Operasi ini dalam rangka menghadapi arus mudik Idul Fitri.

Lebih lanjut dikatakan Dwi, pihak kepolisian lebih mengedepankan preventif dengan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan, dan kejahatan kendaraan bermotor.

Terutama hindari berkendaraan dalam keadaan sakit, dalam pengaruh obat, mabuk, dan terpengaruh narkoba. Patuhi rambu-rambu lalu lintas. dengan operasi ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan. Angka kecelakaan lalulintas itu banyak terjadi di Padang. Pada 2012, tercatat kecelakaan sekitar 540 kasus, meninggal dunia 80 orang, luka berat sebanyak 318 dan luka ringan sekitar 447 orang. Pada bulan Juni 2013 sudah tercatat 228 kasus, meninggal dunia 34 orang, luka berat 129 orang, dan luka ringan 240 orang.

Selain Polresta Padang juga disusul oleh Polres Padang Pariaman dengan jumlah 158 kasus, dengan rincian meninggal dunia sebanyak 26 orang, luka berat 113 dan luka ringan 213.

Kemudian Kota Pariaman dengan jumlah 122 kasus kecelakaan, meninggal dunia sekitar 14, luka berat 71, dan luka ringan sebanyak 169.

Untuk mengatasi kecelakaan Dwi mengimbau kepada para pengguna kendaraan di jalan raya selain mampu dan mahir dalam  mengendarai kendaraannya, juga paling penting adalah beretika dalam berlalu lintas. Sebab, semua orang pun bisa mengendarai kendaraannya, tetapi untuk kesadaran berkendaraan hingga saat ini masih kurang. Begitu juga dengan anak muda atau para remaja supaya jangan ngebut lagi di jalan raya, ditambahkan Dwi Sulistyawan dalam kasus kecelakaan pelakunya didominasi anak muda, yakni dari sekitar umur 15 hingga 25 tahun. Karena dimasa itu lah, tingkat emosi paling tinggi, sehingga kecelakaan banyak terjadi. (PT)
 
 
 
 Kasubdit Bin Gakkum Polda Sumbar
Marhaban Ya Ramadhan
Kami Menyampaikan Mohon Maaf Lahir & Bathin
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Ramadhan 1434 H
dan Insya Allah Puasa Yang Kita Jalani Berkah, Amin

Ttd

AKBP Dwi Sulistyawan




 


Share on :


Baca juga :

jasa pembuatan website
BERITA PHOTO


PARIWARA PADANGTIME


IKLAN CANTIK


Berita PADANGTIME
Politik
Hukum/Kriminal
Ekonomi
Nasional
Olahraga
Agama

Penddikan

Internasional
Iptek
Pariwisata
Lingkungan

Daerah

Showbiz
Metro Padang
Video
Berita Photo
padangtime.com mobile Follow us on Padangtime on Facebook Padangtime on Twiter
berita padang - padangtime
Copyright © Padangtime.com 2013. All Rights Reserved