padangtime
facebook instagram twitter google plus
Pendidikan

Tidak Ada UN di 2017, Pemprov Sumbar Ikut Keputusan Mendikbud

Senin, 28 November 2016 - 22:54:36 WIB - 205


PadangTIME.com -   Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menanggapi adanya rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk moratorium atau meniadakan Ujian Nasional (UN) pada 2017 tersebut. Gubernur mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Barat masih menunggu keputusan pemerintah pusat, karena seluruh kebijakan ada di pusat.

"Jadi, kami sifatnya hanya menunggu apa yang diputuskan pusat," katanya usai pembukaan Musyawarah Provinsi (Musprov) VI Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Barat di Pangeran Beach Hotel, Senin 28 November 2016.

Irwan menyebutkan, apapun keputusan yang diambil pemerintah pusat, Pemprov sebagai wakil pemerintah pusat di daerah akan menerima setiap keputusan tersebut. Dia juga menyebut, tak ada kegaduhan yang terjadi karena keputusan pusat terkait UN tersebut. UN hanya pelengkap kurikulum untuk melakukan evaluasi dan menilai hasil belajar siswa selama menempuh pendidikan di sekolah.

"Ada maupun tidak adanya UN tidak masalah, karena masih ada ujian sekolah, ujian harian serta ujian provinsi untuk mengevaluasi siswa. Jadi, tidak ada masalah," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui Ujian Nasional dimoratorium atau ditiadakan pada 2017. "Iya, Presiden pada prinsipnya beliau sudah menyetujui, tinggal menunggu inpres," tutur Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, keputusan ini tinggal menunggu Instruksi Presiden (Inpres). Mantan Rektor Universitas Muhamadiyah Malang itu menambahkan, kelulusan siswa akan ditentukan oleh pihak sekolah. Sementara, hasil ujian akhir bukan satu-satunya faktor penentu kelulusan dari siswa.

"Ujian Nasional tetap akan saya lakukan sesuai dengan amanah Mahkamah Agung kalau semua pendidikan di Indonesia sudah bagus. Makanya nanti akan dilakukan pemetaan saja. Nanti kita lihat apakah perbaikan di 2017 cukup signifikan,






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE