padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kesehatan

Mengapa Minum Kopi Harus Dihindari Saat Perut Kosong?

Rabu, 19 Oktober 2016 - 17:52:00 WIB - 212


PadangTIME.com - Minum kopi memang bermanfaat bagi kesehatan dan telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Namun, waktu yang salah saat meminum kopi justru bisa berdampak sebaliknya.

Waktu yang tidak tepat untuk minum kopi adalah saat kondisi perut kosong. Sering kali seseorang yang terburu-buru di pagi hari hanya minum secangkir kopi sebelum bekerja, tanpa sarapan sebelumnya.
 
Siang hari, ketika sangat sibuk atau malas makan, seringkali perut hanya diisi dengan minum secangkir kopi. Perlu diingat, minum kopi sebelum konsumsi makanan apa pun bisa berefek buruk bagi kesehatan.

Minum kopi saat perut kosong bisa meningkatkan keasaman di lambung. Kondisi itu akan mengundang sejumlah keluhan, mulai dari rasa mulas dan gangguan pencernaan lainnya sepanjang hari. Dalam kasus yang lebih parah, bisa memicu maag, sindrom iritasi usus, dan gangguan refluks asam.

Menurut American Chemical Society, minum kopi saat perut kosong merupakan musuh bagi saluran cerna. Kopi yang mengandung kafein bersifat diuretik atau menguras cairan tubuh yang dapat menyebabkan dehidrasi, hingga sembelit.

Kafein juga dapat memicu stres dan rasa cemas. Hal ini terjadi karena kafein di pagi hari sebelum sarapan, dapat menghambat produksi serotonin alias hormon yang berkaitan dengan rasa senang, bahagia, atau kesejahteraan.

Itulah mengapa jika minum kopi saat perut belum terisi makanan apapun bisa mengubah suasana hati Anda seketika.

Jadi, efek buruk minum kopi bukan hanya karena minum terlalu banyak, tapi sedikit saja jika itu dalam kondisi perut kosong juga merugikan kesehatan.






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE