padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Sijunjung

Pemkab Solok Gelar Sosialisasi SIUJK, Penyedia Jasa Konstruksi Harus Pahami Haknya

Kamis, 04 Juni 2015 - 19:35:47 WIB - 473


PadangTIME.com -Kab.Solok, Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2000 tentang Penyelenggaran Pembinaan Jasa Konstruksi, Pasal 5, menjelaskan bahwa Pembinaan jasa konstruksi terhadap penyedia jasa dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan hak dan kewajibannya.

Hak dan kewajiban yang mesti dipahami oleh penyedia jasa konstruksi, sehingga setiap kewajiban yang dibebankan pada penyedia jasa dapat terlaksana dengan baik dan maksimal. Begitu juga dengan hak pemberi jasa dapat terpenuhi oleh penyedia jasa sehingga antara penyedia jasa dan pemberi dapat berjalan secara balance dan saling menguntungkan.

Pemerintah Kabupaten Solok dalam Peraturan Daerahnya secara terus menerus selalu berupaya melakukan upaya pembinaan terhadap penyedia jasa konstruksi dengan peningkatanan SDM dan membuat regulasi hukumnya, agar dalam pelaksanaan jasa tersebut tidak menimbulkan dampak hukum bagi penyedia dan pemberi.

Di antara regulasi hukum yang telah ditetapkan adalah dengan menetapkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2015 tentang Penyelengaraan Izin Usaha Jasa Konstruksi. Sekdakab Solok M. Saleh menuturkan untuk meningkatkan kinerja penyedia Jasa Konstruksi, pemerintah Kabupaten Solok juga telah menetapkan Peraturan Bupati Solok No.36 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Penyedia Jasa Konstruksi pada Pekerjaan Konstruksi di Kabupaten Solok.

Tindak Lanjut dari Peraturan Bupati Solok tersebut, tahap awal telah dilakukan penilaian kinerja untuk pekerjaan konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Solok. Setelah dilakukan penilian berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, kepada masing-masing penyedia jasa konstruksi telah ditetapkan masing-masing statusnya, dan kepada peringkat terbaik I, II dan III akan diberi piagam penghargaan yang merupakan apresiasi Pemerintah Kabupaten Solok terhadap kinerja dari penyedia jasa konstruksi.

Pada Tahun Anggaran 2015, kata Saleh, pemerintah Kabupaten Solok menyediakan anggaran tersendiri untuk melakukan pembinaan terhadap penyedia jasa konstrusksi, selain melakukan penilaian kinerja adapuntermasuk  kegiatan pelatihan sumber daya manusia dan lainnya.

“ Atas apresiasi kita melakukan pembinaan jasa konstruksi, tahun 2014 Pemerintah Kabupaten Solok masuk nominasi 3 besar Nasional atas Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Pekerjaan Umum untuk bidang Pembinaan Jasa Konstruksi, mudah-mudahan tahun 2015 kita berharap akan masuk nominasi kembali.
Sementara dalam melakukan pembinaan jasa konstruksi, kita bekerja sama juga dengan BPJS ketenagakerjaan” Kata Saleh. Pada tahun ini pemberian Penghargaan Kepada Terbaik I, II dan III diperoleh oleh CV. Karya Saudara, CV. Tiaro Eka, dan CV. Nuansa Cipta Mandiri, disertai penyerahan Rapor Penilaian kinerja kepada badan peminaan jasa kontruksi sumbar. R (eryx)






Berita lainnya :

 
close
Emzalmi Desri
close
Mahyeldi Hendri
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE