padangtime
facebook instagram twitter google plus
Kab. Tanah Datar

Tanah Datar Kembali Raih WTP Murni

Rabu, 29 April 2015 - 09:53:25 WIB - 429

Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigoe dan Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar Betty Ratna Nuraeny, foto bersama Ketua DPRD Zuldafri Darma, Wabup H. Irdinansyah Tarmiz

PadangTIME.com - Batu Sangkar, Pemkab Tanah Datar kembali meraih prediket Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Murni. Bersamaan dengan itu, daerah berjuluk Luhak Nan Tuo ini juga tercatat sebagai daerah pertama yang menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan tahun 2014 dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, ditambah dengan Pemprov Sumbar.
Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat, Betty Ratna Nuraeny menyebut, apa yang dilakukan Pemkab Tanah Datar dalam mengelola keuangan, pantas diapresiasi positif. Prestasi ini, sebutnya, harus bisa terus dipertahankan di masa mendatang.

Dalam lima tahun belakangan, terjadi peningkatan yang amat berarti terhadap LHP Pemkab Tanah Datar, termasuk langganan peraih prediket WTP, yakni 2009, 2012, 2013, dan 2014. Untuk 2013 dan 2014 terjadi peningkatan menjadi WTP Murni,ujar Betty, Senin (27/4), saat menyerahkan LHP untuk Pemkab Tanah Datar, di ruangan rapat BPK Perwakilan Sumbar.

Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigoe didampingi Ketua DPRD Tanah Datar Zuldafri Darma, Wakil Bupati H. Irdinansyah Tarmizi, dan sejumlah pejabat terkait lainnya. Sementara dari jajaran BPK terlihat hadir para pejabat pemeriksa, auditor dan akuntan yang melakukan pemeriksaan atas keuangan Tanah Datar tahun 2014.

Kedisiplinan pengelolaan keuangan daerah selama berada di bawah kepemimpinan Bupati Shadiq, menurut Betty, pantas untuk dipujikan dan dipertahankan masa mendatang. Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) merupakan kewajiban BPK sebagaimana diatur UU. Opini yang diberikan BPK ini, berdasarkan atas kesesuaian standar administrasi keuangan, kecukupan pengungkapan, keefektifan, dan kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, termasuk standar profesional akuntan publik yang digunakan, tambah Betty.

Bupati Shadiq pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya, kepada segenap jajaran BPK RI yang telah memberikan opini WTP untuk LHP 2014, dan laporan-laporan serupa tahun sebelumnya.

Ini buah dari kerjasama segenap jajaran di lingkungan Pemkab Tanah Datar. Untuk ini, saya ucapkan terima kasih pula kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Tanah Datar yang telah bekerja keras untuk meraih opini WTP Murni ini. Prestasi ini harus tetap kita pertahankan. Secara khusus, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada BPK RI atas bimbingan yang diberikan selama ini,tegasnya.
Menurut bupati, opini WTP yang diberikan BPK RI Perwakilan Sumbar terhadap LHP Keuangan Pemkab Tanah Datar, juga mampu memotivasi daerah-daerah lain untuk mencontoh model pengelolaan keuangan yang dilakukan Pemkab Tanah Datar. Fakta ini, sebut bupati, terlihat dari banyaknya daerah yang melakukan studi banding ke Tanah Datar.

Seiring dengan akan berakhirnya masa jabatan Bupati Shadiq di Tanah Datar, Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar secara khusus menyampaikan harapan, semoga kepala daerah yang nanti melanjutkan kepemimpinan beliau, bisa mempertahankan dan meningkatkan pengelolaan keuangan daerahya, sehingga LHP tahun-tahun selanjutnya tidak mengalami penurunan. (Humas)






Berita lainnya :

 
KOTA KABUPATEN     BERITA    
pdangtime

facebook instagram twitter google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

  - Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Agama
- Iptek
- Kesehatan
- Pariwisata
- Internasional
- Lingkungan
- Daerah
- Showbiz
- Gaya
- Video
- Foto
 

REDAKSI PEDOMAN MEDIA SIBER KONTAK MOBILE